picture widgets

POPULER HARI INI

Total Tayangan

PENGUNJUNG KE

IP
free counters

Archives

Sistem Pemeliharaan (maintenance)

Posted by SEPUTAR INFOMU



Dalam sistem pemeliharaan terbagi menjadi empat macam:
A.    Sistem Pemeliharaan Sesudah Rusak (Breakdown)
Ini adalah metode yang lama, prinsipnya jika ada mesin/peralatan yang sudah rusak, baru pemeliharaan dilakukan sesegera mungkin. Konsep dasar pemeliharaan adalah menjaga atau memperbaiki alat sehingga kembali kekeadaan aslinya dengan waktu yang singkat dan biaya yang murah.Tujuan pemakaian metode ini adalah untuk mendapatkan penghematan waktu dan biaya dan perbaikan dilakukan pada keadaan yang benar-benar perlu. System  ini sudah lama ditinggalkan karena sistim perencanaan yang tidak sistimatik secara keseluruhannya.

B.     Sistem Pemeliharaan Rutin (Preventive maintenance)
Biaya perbaikan akan dapat diminimalkan bila telah kita ketahui kerusakan tersebut secara dini. Keuntungan melakukan pemeriksaan dan perbaikan secara rutin dan pada saat yang tepat pada semua peralatan adalah dapat diramalkannya total perbaikan pada peralatan. Dalam hal ini perbaikan dilakukan segera sebelum terjadi kerusakan yang lebih fatal. Biaya perbaikan dan lamanya mesin/equipmen tidak beroperasi dapat diminimalkan dibandingkan dengan perbaikan mesin yang sama tetapi dilakukan setelah mesin itu rusak total.

C.     Sistem Pemeliharaan Ulang (Corrective Maintenance)
Sistem ini adalah tindak lanjut dari system pemeliharaan rutin. Dari data-data system pemeliharaan rutin dapat diambil unit mana yang perlu diprioritaskan dalam perbaikannya sehingga lebih efisien.

D.    Sistem Pemeliharaan Produktif
Konsep pemeliharaan produktif adalah sistim pemeliharaan dimulai dengan mengoptimumkan sistim pemeliharaan itu sendiri. Pengurangan kerusakan dapat diperoleh dari data system pemeliharaan rutin yang dapat mengidentifikasi umur alat tanpa menyentuhnya.

Related Post



Posting Komentar