picture widgets

POPULER HARI INI

Total Tayangan

PENGUNJUNG KE

IP
free counters

Archives

SISTEM PELUMAS MESIN

Posted by SEPUTAR INFOMU

a. FUNGSI MINYAK PELUMAS
 Membentuk lapisan (oil film),Mencegah kontak langsung permukaan logam satu dengan yang lainnya. Mengurangi gesekan, mencegah keausan dan panas.
 Mendinginkan bagian-bagian mesin.
 Oli berfungsi sebagai perapat (seal) antara torak dan dinding silinder.
 Oli mengeluarkan kotoran dari bagian mesin.
 Melindungi bagian-bagian mesin dari karat.
b. CARA PEMERIKSAAN MINYAK PELUMAS
Minyak Pelumas mesin perlu dilakukan pemeriksaan pada saat kita melakukan pekerjaan Tune-Up Mesin adapun cara pemeriksaannya adalah sebagai berikut:
 Tempatkan kendaraan ditempat yang rata
 Apabila kendaraan habis perjalanan/ panas, tunggu 30 menit
 Apabila kendaraan dalam kondisi dingin hidupkan 1-3 menit kemudian matikan
 Tarik batang pengukur minyak dan bersihkan dengan kain lap, kemudian masukkan kembali dengan tepat.
 Tarik kembali batang pengukur kemudian perhatikan :
• Periksa volume minyak ,harus pada level F dan L pada batang pengukur
• Periksa Viskositas (kekentalan minyak) dengan jari tangan
• Periksa perubahan warna minyak mesin

c. PERUBAHAN WARNA MINYAK MESIN
 Warna merah berarti minyak tercampur bensin
 Warna kelabu berarti bercampur serbuk bantalan
 Warna susu berarti bercampur dengan air
 Warna coklat berarti bercampur dengan karbon
Minyak pelumas mesin bensin disarankan menggunakan minyak dengan tingkat kekentalan (viskositas) SAE 30 atau 20W/50 dengan API service SE keatas 2. SISTEM PENDINGIN MESIN
Temperatur air pendingin selama mesin bekerja ada diantara 80ºC - 85ºC atau biasa disebut temperatur kerja mesin. Dibawah ini diterangkan bagian-bagian sistem pendingin yang perlu mendapatkan perhatian dan pemeriksaan pada waktu-waktu tertentu untuk membatasi kemungkinan terdapat kelainan atau kerusakan

Related Post



Posting Komentar