picture widgets

POPULER HARI INI

Total Tayangan

PENGUNJUNG KE

IP
free counters

Archives

DISTRIBUTOR BODI

Posted by SEPUTAR INFOMU

Pada distributor bodi terdapat komponen sistem pengajuan saat pengapian (advancer) yang harus diperiksa yaitu :
1. Governor advancer
2. Vacuum advancer
3. Oktan selector
GOVERNOR ADVANCER
Governor advancer berfungsi untuk mengajukan saat pengapian pada saat putaran mesin tinggi.Cara pemeriksaannya adalah dengan memutar rotor searah jarum jam dan kemudian dilepas rotor akan kembali
Pada bagian dalam distributor terdapat governor advancer yang berfungsi untuk memajukan saat pengapian disesuaikan dengan pertambahan putaran mesin. Governor advancer ini terdiri dari governor weight dan pegas, dan bekerjanya dengan gaya sentrifugal.
Governor advancer (centrifugal advancer) terdiri dari sepasang pemberat (weight) dan pegas yang dipasang sedemikian rupa, Dengan bertambahnya putaran mesin dan dengan gaya sentrifugal, pemberat (weight) ini yang berhubungan dengan nok akan terdorong keluar dan memungkinkan platina membuka lebih cepat.
VACUUM ADVANCER
• Vacuum advancer berfungsi untuk mengajukan saat pengapian berdasarkan kevacuuman intake manifold
• Cara pemeriksaannya
Isaplah slang yang ke vacuum advancer dan perhatikan dudukan platina maka kelihatan ada gerakan, apabila tidak berarti ada kebocoran atau terjadi kemacetan pada plat rumah platina
Vacuum advancer bekerja dengan adanya kevakuman pada intake manifold. Pada waktu throttle valve dibuka tiba-tiba (akselerasi), dengan terjadinya kevakuman akan menarik diaphragma yang berhubungan dengan dudukan platina (backing plate) sehingga dapat mempercepat masa pengapian. Bila throttle valve membuka penuh, maka penarikan terhadap diaphragm akan berkurang.
OCTAN SELECTOR
√ Oktan selector adalah komponen untuk mengajukan pengapian berdasarkan nilai oktan bahan bakar.
√ Sebelum melakukan pemeriksaan saat pengapian, putarlah oktan selector pada posisi standard (garis tebal berada segaris dengan rumah)
√ 1 X putaran oktan selector searah jarum jam maka akan mengajukan pengapian 5 derajat
PUTARAN IDLE MESIN
Sebelum kita melakukan penyetelan saat pengapian maka kita harus memastikan putaran mesin dalam kondisi idle yang tepat, caranya :
a. Putar baut penyetel campuran bahan bakar hingga didapatkan putaran yang max.
b. Putar baut penyetel putaran idle hingga dicapai putaran Idle yang tepat.
PEMERIKSAAN SAAT PENGAPIAN
Pada motor bakar saat pengapian merupakan sangat penting didalam menentukan tenaga mesin, untuk itu saat pengapian harus diperiksa saat kita melakukan tune up mesin.
PENYETELAN SAAT PENGAPIAN
Pada saat penyetelan saat pengapian apabila distributor menggunakan vacuum advancer ganda maka kita harus melepas slang yang ke idle advancer terlebih dahulu
Apabila saat pengapian tidak tepat, kita kendorkan baut pengikat rumah distributor dan putarlah rumah distributor (distributor bodi) dan tepatkan saat pengapian sesuai standard mesinnya.
PENYETELAN SAAT PENGAPIAN
Apabila saat pengapian tidak tepat, kita kendorkan baut pengikat rumah distributor dan putarlah rumah distributor (distributor bodi) dan tepatkan saat pengapian sesuai standard mesinnya.

Related Post



Posting Komentar