picture widgets

POPULER HARI INI

Total Tayangan

PENGUNJUNG KE

IP
free counters

Archives

B A T E R A I

Posted by SEPUTAR INFOMU

Baterai merupakan bagian dari kelistrikan mesin. Kelistrikan mesin pada sistem kelistrikan mobil digunakan untuk menghidupkan mesin dan menjaga agar mesin dapat tetap hidup. Baterai berfungsi untuk menyediakan sejumlah arus kepada komponen kelistrikan motor seperti motor, lampu-lampu dan sebagainya.
Pemeriksaan baterai yang masih terpasang pada mobil pemeriksaan electrolite (air aki) dapat dilakukan dengan menggoyangkan body kendaraan dan ini akan terlihat tinggi air akinya. Bila anda akan menambah air aki, diisi cukup sampai tanda “upper” saja dan jangan diisi berlebihan
Pemeriksaan baterai (aki) dilakukan secara visual, dan bila perlu baterai diperiksa secara keseluruhan dengan terlebih dahulu baterai dilepaskan dari mobil untuk dibersihkan. Berhati-hati waktu menangani pekerjaan ini, dan usahakan agar air aki tidak menetes pada bagian body kendaraan, sebab akan merusak cat. Tutuplah fender dengan pelindung.
a) PEMERIKSAAN BATERAI
1. Lepaskan kabel negatif (massa) terlebih dahulu, kemudian lepaskan kabel positifnya. Bila kabel positif dilepaskan terlebih dahulu akan terjadi percikan api, dan bila kunci pas yang digunakan menyentuh terminal atau body. Berhati-hati melepaskan kabel agar tidak merusak terminal, kendorkan mur pengikat kleman terlebih dahulu, kemudian tarik kabelnya ke atas.
2. Angkat kotak baterai tegak lurus ke atas, dan jangan miring sebab elektrolit akan mengalir keluar. Bila anda membawa baterai posisikan kedua tangan dibawah kotak baterai.
3. Karat pada terminal baterai. Bila terminal baterai berkarat bersihkan dengan air hangat, kemudian terminalnya diamplas atau disikat.
4. Baterai yang rusak dan bocor tidak dapat diperbaiki lagi dan harus diganti baru.
5. Pengikat klem baterai yang kendor atau berkarat terutama pada kabel starter yang berhubungan dengan baterai dan kabel massa kemungkinan perlu diperbaiki dan dibersihkan.
6. Dudukkan baterai (tempat pemasangan baterai yang terdapat pada ruang mesin) bila keadaannya berkarat dan rusak perlu segera diperbaiki.
b) BAGIAN BAGIAN YANG DIPERIKSA PADA BATERAI
1. Periksa Kotak Baterai
2. Periksa jumlah/volume electrolite
3. Periksa lubang penguapan pada tutup
4. Periksa berat jenis/BJ electrolite
5. Periksa terminal/pole baterai
6. Periksa tegangan baterai

c) PEMERIKSAAN BATERAI
1. Periksa kotak baterai
Bersihkan kotak baterai periksa bagian atas, samping dan bawah kotak.
2. Periksa volume electrolite
Letakan baterai pada tempat yang rata dan periksa volumenya electrolite pada batas Upper dan lower. Apabila kurang tambahkan dengan air suling
3. Periksa lubang penguapan pada tutup baterai.
Dengan menggunakan tekanan udara kompresor tiupkan udara pada lubang penguapan
4. Periksa berat jenis BJ electrolite
Dengan menggunakan Hydrometer periksalah BJ electrolite, normal 1.260-1.280 pada suhu 25o C perbedaan setiap sel < dari 0.025
5. Periksa terminal baterai/pole baterai
Bersihkan terminal baterai dari kotoran maupun minyak/vat dengan air hangat (bila perlu) kemudian gosoklah dengan amplas.
6. Periksa tegangan baterai
Dengan menggunakan baterai tester atau multi tester periksalah tegangan baterai (teg.bat 12.6 volt max.)
Catatan:
√ Jangan mengetes baterai dengan menghubungkan terminal positip & negatip baterai dengan menggunakan logam/kabel
√ Setelah penambahan air aki dengan air suling hidupkan mesin beberapa saat, baru kemudian periksa BJ nya

Related Post



Posting Komentar