picture widgets

POPULER HARI INI

Total Tayangan

PENGUNJUNG KE

IP
free counters

10 RAHASIA WASIAT RED STEVENS


RED STEVENS adalah pengusaha kaya raya dan punya aset bisnis dimana-mana. semua itu didapatkan dari hasil pemikiran dan kerja kerasnya sendiri selama berpuluh-puluh tahun.
Red Stevens punya anak namanya JASON STEVENS yang mulai beranjak dewasa. Ada keinginan besar dalam diri Red stevens untuk melimpahkan seluruh kekayaannya pada anaknya tercinta. tapi sebelum itu, Red stevens akan memberikan sebuah pelajaran berharga, yaitu wasiat penting dari rahasia bisnisnya selama ini.
10 wasiat rahasia itu adalah :
1. NIKMAT KERJA
Kecil atau besar, mudah atau sulit, pekerjaan yang kita jalani harus kita nikmati dan jangan mudah mengeluh. jika kita menikmati apa yang kita kerjakan, sudah pasti akan membuat hati dan pikiran selalu tenteram dan damai.
2. PENTINGNYA UANG
Menghargai uang dan bersikap bijak terhadap uang yang kita punya adalah sifat yang terbaik untuk menjalani kehidupan masa kini dan yang akan datang.
3. PERANAN TEMAN
Manusia tidak bisa hidup sendiri, sosial bukan individualis.Semakin kita punya banyak teman dan sahabat,disetiap keadaan baik suka ataupun duka akan selalu ada untuk kita.
4. PEMBELAJARAN TERUS
Belajar dari pengalaman setiap harinya dan menjadikan itu sebagai pembelajaran yang berharga.
5. MENANGGULANGI MASALAH
Masalah harus dihadapi, bukan untuk ditakuti.
6. PERAN KELUARGA
seberapapun kaya anda atau punya harta yang tidak ada batasnya, keluarga merupakan harta yang tak ternilai harganya.Peran keluarga sangat penting bagi stabilnya keadaan jiwa seseorang.
7. MU’JIZAT TERTAWA
Tertawa melepaskan kepenatan,kebencian,penyakit hati dan pengobat stress dan begitu banyak mukjizat lainnya yang tidak kita sadari.
8. PUNYA IMPIAN
Jika ingin sukses,maka BERMIMPILAH!!!!!
9. MEMBERI DAN MENDAPATKAN
Menolong orang yang lemah dan tak segan memberikan bantuan pada orang lain niscaya harta kita tak kan berkurang, tentunya akan semakin bertambah atas kehendak yang Kuasa.
10. BERSYUKUR
Ucapkan syukur ketika mendapatkan rezeki sekecil apapun itu.Orang yang bersyukur akan bertambah banyak rezeki yang akan didapat.

2 wasiat penutup
1. Selalu anggap hari ini hari terakhir.
menganggap hari ini hari terakhir dalam hidup menjadikan kita selalu bersemangat dan selalu dekat pada Tuhan.
2. Hadiah Cinta.
Jadikan hari-hari kita sebagai hadiah terindah dan berikan hadiah cinta pada orang-orang yang kita sayangi.

KESIMPULAN
1. Kasih sayang jangan memanjakan
2. Halangan adalah kesempatan untuk menjadi besar, kuat dan pintar
3. Keputusan dan maha karya hebat lahir dari rasa cinta
4. Lakukan semua pekerjaan dengan cara terbaik, karena ini adalah hari yang terakhir dalam hidupmu

sumber : milis

Prosedur Perawatan Engine Bensin Dan Pemeriksaan

Engine yang sudah dioperasikan akn mengalami perubahan fisik pad komponen - komponennya seperti pada: blok motor, kepala silinder, mekanik katup, poros engkol, kelengkapan piston, poros nok dan lainnya. Perubahan fisik tersebut dapat menggangu kinerja mesin. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan perawatan secara rutin/berkala, agar tingkat perubahan yang terjadi dapat ditekan seminimal mungkin. Peawatan rutin komponen –komponen engine dilakukan tidak secara langsung pada komponen – komponen tersebut diatas, tatapi pada system – system yang mendukung kinerja mesin. Pada industry perotomotifan perawatan rutin terhadap komponen – komponen engine disebu dengan tune-up engine. Adapun perawatan yang dimaksud meliputi:
1. Perawatan system pendinginan
Gangguan pada system pendinginan secara umum akan berakibat meningkatnya suhu kerja engine yang akhirnya akan mengganggu kinerja engine. Gangguan langsung yang dirasakan antara lain: tenaga berkurang, bahan bakar boros, komponen – komponen engine mengalami kerusakan pekerjaan perawatan berkala pada system pendinginan meliputi:
a. Pemeriksaan tinggi air pendingin yang terdapat pada tangki penampung (reservoir). Jika tinggi air kurang isilah hingga garis full.
b. Memeriksa kondisi air pendingin
Periksalah air pendingin kemungkinan kotor terdat karat atau tercemar oli.
c. Memeriksa system pendinginan
Periksa kemungkinan terjadi:
1. Kerusakan fisik pada radiator atau slang radiator
2. Kerusakan pada klem slang radiator
3. Kisi – kisi radiator berkarat
4. Kebocoran pada pompa air, pipa radiator (core), penguras

d. Dengan menggunakan alat tes tutup radiator (radiator cap tester) periksalah kondisi pegas dan katup vakum dari tutup radiator. Tutup perlu diganti bila tekanan pembukaan dibawah angka spesifikasi pabrik, atau jika secara fisik rusak.
Tekanan pembukaaan katup:
STD : 0,75-1,05 kg/cm
Limit : 0,6 kg/cm
(sesuaikan dengan ketentuan manual)
e. Memeriksa tali kipas
1. Tali kipas diperiksa secara visual kemungkinan terjadi: retak, perubahan bentuk, aus atau terlalu keras, terkena oli atau paslin/grease.
2. Persinggungan yang tidak sempurna antara tali dan puli
f. Memeriksa dan menyetel tegangan tali kipas
Dengan tekanan 10 kg/cm, tekan tali seperti pada gambar defleksi/kelenturan tali:
Pompa air – alternator ; 7-11 mm
Engkol – compressor ; 11-14 mm
Bila tidak memenuhi spesifikasi pabrik lakukan penyetelan tali kipas dengan SST penyetelan tali kipas.
Tegangan tali kipas :
Baru :100-150 Lbs
Lama : 60-100 Lbs
(sesuai dengan ketentuan manual)
2. Membersihkan saringan udara/ air filter
Gangguan pada saringan udara akan berakibat tenaga engine berkurang dan bahan bakar boros. Adapun prosedur perawatannya sebagai berikut:
a. Melepas saringan udara dari engine. Jangan sampai ada benda yang masuk ke karburator
b. Hembuskan tekanan udara dari sisi dalam elemen
c. Bila elemen rusak atau terlalu kotorsupaya diganti
3. Memeriksa baterai
Kemampuan kerja baterai akan mengalami penurunan seiring dengan pemakaian. Kinerja baterai yang kurang baik akan menyebabkan; sulit untuk menstater engine, gannguan pada system penerangan dan peralatan tambahan (assesoris)
Perawatan baterai meliputi:
a. Pemriksaan secara visual:
Pemeriksaan baterai kemungkinan:
1. Penyangga baterai berkarat
2. Terminal longgar
3. Kontak baterai rusak atau bocor
b. Mengukur berat jenis elektrolit
1. Memeriksa berat jenis baterai dengan hydrometer
Berat jenis : 1,25- 1,27 pada suhu 20 C
2. Perikss jumlah elektrolit pada setiap sel. Ketinggian elektrolit harus berada antara garis upper level dan lower level
4. Memeriksa system pelumasan
System pelumasan merupakanbagian vital pada engine. Gangguan pada sitem pelumasan akan beakibat: suhu engine meningkat berlebihan, komponen komponen engine cepat aus dan tenaga mesin akan terasa berkurang. Perawatan pada system pelumasan meliputi:
a. Memeriksa tinggi oli
Tinggi oli harus berada antara garis L dan F, bia kurang harus ditambah, periksalah kemungkinan ada kebocoran, dan perbaikilah

b. Memeriksa kondisi oli
Periksa oli kemungkinan kotor, tercemar air atau sudah berubah warna karena terbakar
c. Mengganti saringan oli (oil filter)
1. Membuka saringan oli dengan SST
2. Pasang saringan oli baru dengan tangan sampai kencang
3. Hidupkan mesin dan periksa kebocoran
4. Matikan mesin dan periksa tinggi oli, bila kurang tambah
5. Memeriksa, membersihkan dan menyatel busi
Busi adalah komponenyang memberikan loncatan api untuk proses pembakaran. Bila busi kotor,rusak akan berakibat : tenaga engine kurang, engine tidak dapat idel, pincang dan sulit distater. Perawatan busi meliputi:
a. Pemeriksan busi secara visual
1. Kemungkinan retak, kerusakan pada ulir atau isolator
2. Keausan pada elektroda
3. Gasket rusak atau berubah bentuk
4. Elektroda terbakar atau kotor berlebihan
b. Membrsihkan busi
1. Jangan menggunakan pembersih busi terlalu lama
2. Hembuskan kompoun dan karbon pembersih dengan udara tekan
3. Bersihkan ulir dan permukaan luar isolator
c. Menyetel celah busi
Memeriksa semua celah busi dengan alat pengukur celah. Jika diperlukan setelah celah busi dengan membengkokkan elektroda busi
6. Memerisa kabel tegangan tinggi
Gangguan kabel tegangan tinggi pengapian akan berakibat: engine sulit distater, tidak dapat idel, pincang dan tenaga kurang. Hal ini dapat terjadi karena tahanan kabel menjadi sangat besar. Periksalah semua kabel tegangan tinggi tahanan kabel: kurang dari 25 k
7. Distributor
Gangguan pada distributor akan berakibat kinerja system pengapian tidak sempurna, yang akhirnya akn menggangu kinerja engine: engine sulit distater, tenaga kurang, panas berlebihan dan komponen – komponen utama engine cepat rusak. Adapun perawatannya meliputi:
a. Memeriksa tutup distributor
Pemeriksaan distributor serta rotor dari kemungkinan
1. Retak, berkarat, kotor atau terbakar
2. Terminal – terminal kotor atau terbakar
3. Pegas karbon terminal tengah lemah atau macet
b. Menyetel celah platina atau celah udara
1. Jika platina aus, rusak atau terbakar ganti yang baru
2. Stel celah platina: celah blok : 0,45 mm
3. Stel celah udara antara rotor dan proyeksi koil (pengapian elektronik). Celah udara; 0,2-0,4 mm
c. Menyetel sudut dwell
Periksa sudut dwell tester.
Sudut dwell :50 – 54
d. Memeriksa saat pengpian
Stel putaran mesin pada putaran idel, oktan selector pada posisi standar. Pada putaran maksimsl 950 Rpm saat pengapian antara 5 – 15 sebelum TMA (sesuai dengan spesifikasi pabrik). Penyetelan pengapian dengan merubah posisi distributor serta manggunakan alat timing light
Jangan menyetel dengan oktan selector.

e. Memeriksa kerja governor advancer
1. Rotor harus kembali dengan cepat setelah diputar searah putaran rotor dan dilepas.
2. Rotor tidak boleh terlalu kendor
f. Memeriksa governor advancer dengan engine hidup
Hidupkan engine dan lepaskan slang vakum pada distributor. Saat pengapian berubah – ubah sesuai putaran engine.
g. Memeriksa kerja vakum advancer
Hubungan slang vakum pada distributor. Oktan selector akan berubah – ubah sesuai putaran engine
8. Menyetel celah katup
Perubahan pada setelan celah katup akn berkibat pemasukan gas baru dan pengeluaran gas bekas terganggu dan akan menyebabkan tenaga engine berkurang, putaran idel terganggu dan suara berisik.
Adapun prosedur penyetelannya sebabai berikut:
a. Menempatkan tanda timing
1. Panaskan engine kemudian matikan
2. Tepatkan silinder no 1 pada TOP kompresi

b. Mengencangkan baut – baut kepala silinder dan penumbuk katup
1. Baut kepala silinder : 5,4 – 6,6 kg.m
2. Baut penumbuk katup : 1,8 – 6,6 kg.m

c. Menyetel celah katup
Celah katup diukur diantara batang katup dengan lengan penimbuk (rocker arm)
Celah katup isap : 0,20 mm, buang : 0,30 mm (sesuai dengan ketentuan manual)
Putar 1x putaran setel pada TOP kompresi silinder 1 dan 4
Putar 2x putaran setel pada TOP kompresi silinder 2 dan 3

PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN SYSTEM PELUMAS

Sistem pelumasan
1. Cara kerja umum sistem pelumasan
Cara kerja sistem pelumasan adalah menyalurkan oli mesin kekomponen yang berputar dan bergeser agar mesin dapat bekerja dengan normal dan juga berperan penting sebagai pendingin. Dalam sistem pelumasan yang biasa digunakan pada kendaraan bermotor adalah system tekan, system percikan, dan system kombinasi
a. Sistem tekan
Sistem ini digunakan pada mesin besar dan mesin kendaraan. Dimana minyak pelumasnya berada dalam keadaan lebih dingin dari pada bagian mesin lainnya. Minyak ditekan dan dialirkan melalui berbagai saluran dengan pompa kesemua bagian yang membutuhkan seperti beberapa bantalan, poros, batang penggerak, pipa didalam kerangkamesin, dan kebagian lain yang akan dilumasi
b. Sistem percikan
system ini diguanakan pada mesin kecil yang berdaya rendah karena proses dan kontruksinya sederhana. Setiap kali pngkal batang penggerak (big end) mencebur kedalam mangkok pelumas, memercikan keatas ke dinding sislinder da bantalan-bantalan atau bagin-bagian lain yang harus dilumasi.
c. Sistem kombinasi
System ini digunakan untukmenjaga agar system pelumasan agar tetap bekerja dengan baik jika pompa mengalami gangguan. Pada system ini pompa minyak pelumas memompakan minyak pelumas dari bak minyak pelumas kedalam mangkok minyak pelumas dan pangkal batang penggerak bertugas memercikan minayk pelumas kebagian-bagian yang perlu dilumasi
2. Cara kerja komponen-komponen sistem pelumasan
a. Pompa pelumas
Pompa oli merupakan komponen penting diamana oli yang terkumpul dalam oli pan dihisap kedalam pompa oli melalui saringan dan pipa hisap yang kemudian dalirkan keseluruh komponen yang membutuhkan pelumasan. Pompa pelumas yang banyak diguankan pada kendaraan bermotor ada tiga jenis diantarnya :
1. Pompa pelumas jenis roda gigi
Pompa ini terdiri atas roda gigi penggerak (drive gear) dan roda gigi yang bergerak dan digerakkan oli camshaft. Jenis ini abanyak digunakn pada motor yang menggunakan prinsip kerja 4 langkah.
2. Pompa pelumas jenis sentrifugal (pompa rotor/trikoida)
Banayak diguanakn pada kendaraan bermotor dan motor diesel putaran tinggi, keistimewaan jenis ini adalah ringan dan tidak memakan banyak tempat serta sederhana. Pompa ini memiliki dua buah rotor yang porosnya tidak simetris yang apabila bergerak maka kedua rotor akan terjadi perubahan volume ruangan yang mangakibatkan trjadinya pemompaan.
3. Pompa pelumas jenis plunyer
Pompa ini umumnya dipakai pada motor 2 langkah sebagai pompa pelumas silinder dengan menggunakan oli samping. Pompa plunyer mempunyai komponen sebagi berikut :
1. Roda pompa
2. Roda gigi [enggerak
3. Ditribiutor
4. Plunyer
5. Pengatur langkah plunyer


b. Saringan minyak pelumas
Saringan oli digunakn untuk menyaring kotoran pada minyak pelumas yang akan beredar keseluruh komponen yang bergerak dan juga untuk menghindari dari kerusakan.
1. Fungsi-Fungsi System Pelumasan
System pelumsan merupakan bagia yang penting pada mesin yang didalmnya terdapat komponen-komonn yang bergerak dan bergesekan. Oleh karena itu, pelumasan sanhgat diperlukan agar kontaj langsun anatar dua permuakaan benda yang saling bergerak dapat dihindarkan. Sistem pelumasan fungsinya adalah :
a. Mencegah keausan
b. Mengurangi panas yang berlebihan
c. Mengurangi gesekan dan mncegah suara berisik yang ditimbulkan okleh dan permukaan yang saling bergesekan
d. Mencegah terjadinya korosi
e. Membersihkan kotoran
Dan sistem pelumasan juga harus dapat menjangkau semua bagian yang membutuhkan pelumasan yang cukup sesuai dengan kerjanya.
Bagian-bagian yang perlu diberi pelumasan dalah
a. Dinding silinder, torak, cicin torak, dan pena torak
b. Poros engkol beserta bantalannya
c. Poros nok dan bantal;annya
d. Meanisme katup
e. Rantai timing dan poros pompa


2. Fungsi Komponen-Komponen System Pelumasan
a. Pompa pelumas fungsinya untuk memompa minyak pelumas dari tempat pelumas untuk dialirkan kebagian-bagian yang membutuhkan pelumasan' jenis-jenisnya adalah : Jenis roda gigi, Jenis sentrifugal, Jenis plunyer.
b. Saringan minyak pelumas fungsinya untuk menyaring kotoranpada minyak pelumas yang akan beredar keseleruh komonen yang bergerak agar mesin tidak terjadi kerusakan.
c. Ventilasi ruang engkol fungsinya untuk menjaga kekentalan minyak pelumas atau mencegah terjadinya kerusakan minyak pelumas yang ada di dalam ruang engkol dari reaksi kimia yang terjadi akibat bercampurnya minyak pelumas dengan blow by gas (campuran bahan bakar da udara yang bocor dari silinder yang tidak ikut terbakar). Jenisnya dibedakan menjadi dua, diantranya : ventilasi terbuka dan ventilasi tertutup.
3. System pelumasan
A. Minyak Pelumas
Minyak pelumas bahan dasarnya dari minyak dasar mineral, minyak dasar alami atau minyak dasar sintesis yang berasal dari tambang yang diolah dengan cara penyulingan. Sedangkan jika minyak bumi sudah menipis maka minyak pelumas dapat dibuat dari minyak sintesis, nabatai, atau hewani.
Minyak dasar alami dapat berasal dari tumbuh-tumbuhan, minyak jarak, kopra, kelapa sawit dan emak hewan, sedangkan minyak dari sintesis terbuat dari bahan-bahan kimia yang digunakan untuk membuat minyak pelumas.
B. Viscositas minyak pelumas
Viscositas minyak pelumas menunjukkan kemampuan terhadap laju aliran minyak, viscositas dapat ditentukan dengan sample air, kemudian dialirkan melalui lubang pada viscometer.
Stanadar kekentalan yang diguanakn pada minyk pelumas adalah SAE (Society of Automotive Enginering) kemudian diikuti dengan W yang menunjukkan kekentalan minyak pelumas pada temperature -200C, sedang jika kekentalannya sampai temperatur 1000C tidak ditanda dengan W dan seterusnya. Minyak pelumas yang pada saat mesin mulai dihidupkan dan dapat memnuhi kebutuhan saat mesin sudah dihidukan maka disebut minyak pelumas serbaguna (multi grade)
C. Klaisifikasi minyak pelumas
Minyak pelumas dapat diklasifikasikan denagn standar American Petroleum Institute (API) dan dites sesuai dengan standarnya. Klasifikasi API juga menambah tingkat SAE nya.
Klasifikasi minyak peluams untuk mesin bensin :
Klasifikasi API Penggunaan dan Kualitas Oli
SA :Minyak murni tanpa bahan tambahan (additive)
SB :Untuk mesin ringan yang mengandung sedikit anti axidant
SC :Yang mengandung detergen, dispersent, anti oxident dll
SD :Untuk mesin yang beropersi dengan temperature tinggi, mengandung resisting,agent, anti aoxidant dll
SE :Untuk mesin sedang mengandung resisting,agent, anti aoxidant yang banyak
SF :Tingkat aliran tinggi dengan pemakaian resistane dan daya tahan yang lebih rendah

Klasifikasi minyak peluams untuk mesin diesel
Kalsifikasi API Penggunaan dan kualitas Oli
CA :Untuk mesin diesel operasi beban ringan
CB :Untuk mesin diesel operasi sedang
CC :Untuk mesin diesel memakai turbo charge, dan temperature sedang
CD :Untuk mesin diesel memakai turbo charge dengan kandungan sulfur pada bahan sedikit

Klasifikasi minyak peluams untuk roda gigi.
Kalsifikasi API Penggunaan dan kualitas Oli
GL¬1 :Mineral murni tapi jarang dipakai (roda gigi)
GL2 :Minyak hewani dan tumbuhan (worm gear)
GL3 :Mengandug bahan tambah extreme pressure resisting (tranmisi manual dan stering gear)
GL4 :Mengandug bahan extreme pressure resisting lebih banyak dari GL3 (hypoid gear)
GL5 :Kandungan extreme pressure resisting lebih banyak dari GL4,-dan kondisi lebih berat (differensial dilengkapi hypoid gear )

D. Pompa minayk pelumas
Pompa oli pada engine menggunakan system pelumasan tekan atau kombinasi percik dan tekan, ada empat macam diantaranya :
1. Pompa roda gigi
2. Pompa oli jenis rotor
3. Pompa oli jenis baling-baling (vane)
4. Pompa oli jenis plunyer
Katup pembatas tekanan
E. Pemeriksaan pompa minyak pelumas
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat pemeriksaan :
1. Memriksa keausan pompa rotor
2. Memriksa keausan pompa roda gigi

F. Saringan oli dan system penyarinan
System penayringan oli ada tiga :
1. System penayringan Bypass
2. System penayringan paralel (shunt)
3. System penayringan aliran penuh (full flow)
G. Ventilasi ruang engkol
System pernapasan pada engine ada empat macam diantaanya :
1. Road draft
2. Maual
3. Positif crack case ventilatioanopen type
4. PVC close type
Memeriksa dan menguji katup motor
Untuk memeriksa baik tidaknya katup satu arah pada system pernapasan dilakukan dengan meniup jalan katup satu arah degan udara tekanan rendah dan apabila ditiup berlawanan arah harus tertutup.

H. Penunjuk tekanan minyak pelumas
Penunjuk tekanan minyak pelumas ada dua macam yaitu jenis mekanik dan menggunakan arus listrik, sedangan yang paling banyak digunakan adalah penunjuk tekanan minyak pelumas yang menggunakan arus listrik yang berjenis kontak tekan dan kumparan elektromagnetik

I. Pendingin oli (oli cooler)
Pendingin oli yang banyak digunakan adalah pendingin air yang ditempatkan dibawah radiator dan untuk menghindari dari penyumbatan maka dilengkapi dengan bypass ketika terjadi penyumbatan maka dapat langsung dialirkan melalui katup bypass


Troble shooting yang ada di system pelumasan
mesin dapat distater, tetapi tekanan oli tetap atau tidak ada tekanan
Kemungkinan Penyebab Kerusakannya Cara Perbaikannya
a. Minyak pelumas terlalu rendah

b. Komponen-komponen pompa

c. Saringan oli tersumbat
d. Katup pengatur tekanan oli rusak

e. Alat pengukur tekanan oli rusak





f. Minyak pelumas terlalu sedikit

g. Pakin atau sil yang berhubungan dengan saluran minyak pelumas bocor
a. Ganti minyak pelumas dengan minyak pelumas yang sesuai
b. Bongkar da periksa komponen-komponen pompa dan ganti jika aus
c. Ganti saringan oli
d. Bongkar katup pengatur tekanan oli ndn ganti jika rusak
e. 1. Buka sending unit dan hidupkan mesin. Papbila li memancar berarti alat pengontrol rusak
2. Periksa sistem pengontrol tekanan oli, perbaiki atau ganti jika rusak
f. Tambah minyak pelumas, sesuai kebutuhan
g. Ganti paking atau sil dengan baik
Pada waktu mesin beroperasi, tekanan oli brkkurang
Kemungkinan Penyebab Kerusakannya Cara Perbaikannya
a. Kekentalan minyak pelumas berkurang, karena mesin terlalu panas
b. Kerusakan pada bantlan
c. Tutup pembuanagn oli pada panci oli bocor
d. Sil pada poros engkol bocor a. Periksa mesin, setel sistem pangapian dan perbaiki sistem bahan bakar
b. Bongkar mesin dan prbaiki
c. Perbaiki tutup pembuanagn oli

d. Ganti sil engkol

Sistem Pelumasan Percik

A. Pengertian Sistem Pelumasan Percik
Sistem pelumasan percik merupakan sistem pelumasan yang menggunakan sendok pemercik untuk menyebarkan oli atau memberi pelumasan pada bagian-bagian engine yang bergesekan agar tidak cepat rusak akibat panas yang timbul. Komponen yang bersinggung harus diberi lapisan film untuk mengurangi gesekan dengan menggunakan oli. Ada banyak sistem atau cara untuk melumasi komponen yang bergesekan diantaranya sistem pelumasan percik, sistem pelumasan campur, sistem pelumasan rendam, sistem pelumasan injeksi dan sistem pelumasan paksa yang sekarang banyak digunakan. Pada engine untuk mengoptimalisasi sistem pelumasan biasanya digunakan beberapa sisitem sekaligus misalnya pada transmisi digunakan sistem rendam, mekanisme katup digunakan sistem paksa dan lain sebagainya.
Pada sistem pelumasan percik sendok pemercik dipasang pada poros engkol. Permukaan sendok permercik sebagian terendam oleh oli, jadi jika mesin berputar atau poros engkol berputar maka sendok pemercik juga ikut berputar sehingga memercikkan oli ke bagian engine yang dilumasi. Komponen yang sering dilumasi dengan sistem percik adalah dinding silinder, torak, pen torak, connectingrod dan poros engkol. Pada engine dengan katup samping sistem percik juga digunakan untuk melumasi mekanisme katup dan campshaft.



B. Konstruksi
Sendok pemercik pada sistem pelumasan percik berputar jika poros engkol berputar karena dipasang pada poros engkol. Sebagian dari sendok pemercik terendam oli dalam tampungan oli (bak oli). Bentuk sendok bermacam-macam ada yang hanya seperti pelat dan ada yang menyerupai sendaok yang memiliki seperti daun pemercik.
Sendok pemercik tidak menjadi satu unit dengan poros engkol, jadi merupakan komponen tersendiri. Apabila terjadi kerusakan pada sendok pemercik maka penggantian akan mudah dilaksanakan dan tidak memerlukan biaya mahal tanpa harus mengganti poros engkol. Biasanya pada engine cukup menggunakan satu sendok pemercik karena satu sendok pemercik yang dipasang pasa poros engkol sudah memenuhi sistem pelumasan. Hal ini terjadi karena sistem pelumasan percik hanya diterapkan pada engine yang ber rpm rendah dan berdaya rendah serta engine yang berkatup samping. Sistem ini biasanya hanya diterapkan pada engine single cylinder serta engine yang berukuran atau memiliki konstruksi yang kecil. Jarang sekali bahkan tidak ada engine multy cylinder (mobil) yang menggunakan pelumasan sistem percik.

C. Cara Kerja Sistem Pelumasan Percik
Cara kerja sistem pelumasan percik menggunakan putaran poros engkol sebagai sumber energi putar. Semakin tinggi putaran mesin maka semakin besar jumlah pelumasan.


Permukaan sendok pemercik sebagian terendam oli sehingga apabila poros engkol berputar maka sendok percik akan memercikkan oli. Volume oli dalam bak oli mempengaruhi jumah pelumasan. Semakin banyak jumlah oli dalam bak pelumas maka jumlah pelumasan akan semakin besar dan sebaliknya apabila jumlah volume oli berkurang maka jumlah pelumasan akan semakin berkurang juga. Oleh karena itu jumlah volume oli harus sesuai dengan spesifikasi. Gambar di atas, sistem pelumasan percik hanya digunakan untuk melumasi dinding silinder, torak bagian bawah dan samping, cincin torak, connectingrod dan poros engkol. Gambar di atas diterapkan pada sepeda motor dua langkah yang tidak menggunakan katup. Akan tetapi ada juga engine empat langkah yang menggunakan sistem pelumasan percik tetapi dengan konstruksi katup-katup samping.

D. Aplikasi Sistem Pelumasan Percik
Aplikasi sistem pelumasan percik banyak dijumpai pada kendaraan dua langkah yang kuno seperti pada vespa dan pada L2 Super. Sistem pelumasan percik hanya diterapkan pada engine yang mempunyai rpm dan daya rendah serta pada engine yang memiliki konstruksi katup-katup samping. Selain itu sistem ini hanya diaplikasikan pada kendaraan satu silinder dan bentuk engine yang relatif kecil. Pada engine multi silinder sudah menggunakan sistem paksa dan sistem rendam yang diterapkan pada transmisi dan differensial.
Sekarang ini juga masih ada engine yang menggunakan sistem percik seperti pada motor bensin 5,5 HP yang banyak digunakan pada mesin penggerak kompresor. Mesin tipe ini mempunyai konstruksi katup-katup yang disamping sehingga memungkinkan untuk digunakan sistem percik sehingga biaya produksi yang murah serta dengan sistem pelumasan sudah cukup terpenuhi. Pada mesin ini, sistem pelumasan digunakan untuk melumasi katup-katup juga.

E. Keuntungan dan Kelemahan Sistem Pelumasan Percik
Sistem pelumasan percik banyak memiliki kekuragan di bandingkan dengan keunggulan yang dimiliki, oleh karena itu sekarang sistem ini sudah jarang digunakan.
Beberapa kelemahan dari sistem pelumasan percik sebagai berikut :
1. Volume oli. Semakin tinggi volume oli maka sendok percik yang terendam akan semakin dalam maka jumlah oli yang dipercikkan akan bertambah, sebaliknya jika jumlah oli kurang maka jumlah oli yang dipercikkan akan berkurang juga.
2. Putaran mesin. Jumlah oli juga bergantung pada rpm mesin, semakin tinggi rpm mesin maka jumlah oli semakin banyak dan sebaliknya.
3. Posisi engine. Pada saat tanjakan dengan kondisi menurun maka jumlah oli yang dipercikkan akan berubah, jadi jumlah oli yang dipercikkan tidak stabil dan tidak sesuai dengan kebutuhan engine.
4. Aplikasi sistem pelumasan percik terbatas pada engine dengan konstruksi mesin kecil, rpm rendah, daya rendah dan konstruksi katup samping serta single silinder. Oleh karena itu jika diaplikasikan pada engine yang selain spesifikasi di atas maka jumlah oli tidak memenuhi, sebagai contoh pada engine multi silinder maka jumlah oli tidak memenuhi sehingga tidak digunakan sistem ini. Pada multi silinder banyak digunakan sistem paksa.
Sedangkan keunggulan dari sistem pelumasan percik adalah sebagai berikut
1. Konstruksi sederhana.
2. Biaya produksi yang murah.
3. Mudah dalam perawatan dan perbaikan.
Berdasarkan hal tersebut maka sistem pelumasan percik ditinggalkan diganti dengan sistem yang lebih baik yang tentunya lebih mudah diaplikasikan pada kendaraan jenis apapun dan tentunya yang terpenting adalah pulumasan sesuai dengan kebutuhan engine baik pada putaran tinggi maupun putaran rendah serta tidak terpengaruh oleh kondisi jalan.

ABS ( Anti-Lock Brake System )

Anti-Lock Brake System (ABS) terintegrasi dengan sistem pengereman konvensional. Anti-Lock Brake Sistem adalah system pengereman yang dikontrol secara elektrolik. Sistem ini menggunakan suatu unit komputer actuator yang gunanya untuk mengendalikan tekanan hidrolik yang menuju ke disc brake caliper semua roda mobil tersebut. Tanpa ABS manakala pengereman diterapkan dengan cukup kuat untuk mengunci roda mobil akan meluncur tak terkendali sebab tidak ada daya tarik antara ban dan permukaan jalan. Selagi roda sedang meluncur, pengendara hilang kendali juga. Saat Anti-Lock Brake Sistem mengerem, sistem menyediakan keselamatan kepada pengendara yang lebih tinggi melalui pencegahan roda dari penguncian. Anti-Lock Breke Sistem dalam pemakaian sistem pengereman normal tidak akan terpengaruh.
Anti-lock Brake Systems dirancang untuk mencegah terjadinya penguncian roda (wheel lockup) saat pengeman mendadak di segala medan jalan.
Hasil saat pengeraman adalah:
1. Roda tidak akan terkunci secara mendadak
2. Stabilitas mobil sewaktu dilakukan pengereman tetap mentap
3. Kendaraan tetap dapat dikendalikan dengan baik sewaktu pengereman mendadak atau berjalan pada tempat yang licin.

 Jika roda depan terkuci, mobil tidak mungkin bisa di arahkan
 Jika roda belakang terkunci, mobil bisa tidak stabil dan tergelincir ke salah satu sisi
 Jika permukaan jalan saat pengereman tidak rata, roda2 yang mengalami selip akan mudah terkunci dan mobil akan berputar putar . namun dengan sistem ABS mobil akan tetap stabil sampai mobil tersebut berhenti.
Sistem pengereman ini dapat mengontrol kerja rem pada masing-masing roda secara terpisah, yaitu dengan cara memasang sensor pada keempat rodanya. Dengan kata lain, menggunakan Anti-Lock Brake Sistem (ABS) kenyamanan dan keamanan berkendara akan dapat lebih ditingkatkan.

B. Prinsip Dasar Rem ABS (Anti-Lock Bare System)
Prinsip dasar dari rem ABS yaitu :
1. Gaya ban
Gaya dapat menyebabkan kendaraan bergerak , gaya ini disebut dengan gaya grafitasi, gaya angin (tahanan udara ) dan gaya ban (rolling resistance). pergerakan atau perpindahan gerak sesuai dengan yang diinginkan dapat diperoleh dengan melalui gaya ban.

Gaya ban terdiri dari komponen berikut :
- Driving force (FD) karena pengendalian
- Lateral force (FS) karena steering dan
- Normal force (FN) karena berat kendaran.

Lateral force (FS) mentransfer gerakan pengemudian terhadap jalan dan membuat kendaraan belok. Normal force (FN) ditentukan oleh berak kendaraan dan muatannya, karena itu berat komponen bertindak sebagai garis tegak lurus diatas ban. Besarnya suatu gaya dapat dipengaruhi oleh kondisi jalan. Ban dan cuaca, yaitu gaya gesekan antara roda dan permukaan jalan.

2. Hubungan antar gaya
Hubungan antara gaya gesek, gaya menyamping, gaya pengereman, dan gaya pengemudian dapat dijelaskan dengan siklus gesek (“friction circle”). Friction circle diasumsikan sebagai gaya gesek antara roda dan permukaan jalan pada semua arah. Juga dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan antara gaya menyamping, gaya pengereman, dan gaya penggerak Saat berbelok pada kecepatan tetap, semua gaya gesek pada roda tertumpu pada sisi dimana roda berbelok. Saat berbelok dilakukan pengereman, sebagian dari gaya gesek ban dipakai sebagai gaya pengereman, sehingga mengurangi gaya buang kesamping. Akibatnya, dengan memutar kemudi saat melakukan pengereman maka gaya pengeremannya akan berkurang karena bagian ban yang bergesekan menjadi menyudut.


3. Gaya Gesek
Gaya gesek FR adalah sebanding sama dengan gaya normal FN :
FR = µB x FN
µB adalah koefisien gaya pengereman (atau koefisien gesek). Factor koefisien dapat dipengaruhi oleh karakteristik dari ban yang dipakai. Koefisien gaya pengereman adalah suatu ukuran pengiriman gaya pengereman. Untuk roda kendaraan, koefisien gaya pengereman mencapai nilai maksimalnya saat permukaan jalan dalam kondisi kering dan bersih dan hanya sedikit terdapat hambatan. Koefisien gaya pengereman tergantung pada kecepatan kendaraan. Saat mengerem pada kecepatan tinggi, roda-roda bisa terkunci jika koefisien gaya pengeremannya kecil dimana tidak ada lagi daya cengkram antara roda dan jalan.

4. Slip
Saat mobil melaju atau mengerem, terjadi gaya fisik yang rumit antara bagian ban dengan jalan. Elemen – elemen pada karet ban mengalami distorsi mengakibatkan ban meluncur sendiri, meskipun roda belum terkunci. Satuan ukuran komponen yang meluncur pada gerakan memutar adalah selip. Ini berarti bahwa untuk mendapatkan pengereman maksimum dibutuhkan beberapa putaran roda. Nilai optimum selip akan berkurang jika gesekan antara ban dan jalan juga berkurang. Rem selip terjadi segera setelah roda mulai berputar lebih lambat dari kecepatan kendaraaan.

5. Lateral force (side force)
Gaya pengereman dan gaya penggerak bereaksi pada kontak area dimana roda berputar, disitu juga terdapat gaya menyamping “Lateral force”. Gaya menyamping adalah dasar daya yang terjadi saat mobil berbelok. Dasar gaya selama kendaran berbelok adalah gaya dari bagian ban yang bergesekan dengan permukaan jalan untuk kembali pada bentuk semula. Gaya ini mendorong ban kesamping menahan permukaan jalan, sehingga disebut dengan gaya samping (Side force). Dan gerakan yang dibangkitkan oleh perubahan ban tersebut disbut dengan “Over turning moment”.

6. Understeering dan oversteering
Jika kita mempertahankan putaran kemudi pada sudut yang tetap dan berjalan dengan kecepatan yang tetap akan mengakibatkan mobil berputar dengan radius tetap. Dengan menambah kecepatan pada titik ini, dapat mengakibatkan mobil bergerak keluar dari lingkaran dikarenakan adanya “Understeering”, atau bergerak kedalam lingkaran dikarenakan “Oversteering”. Karakter dari actual steering (Understeering atau Oversteering) ini tergantung dari kendaraan itu sendiri yang dihubungkan dengan distribusi berat antara roda depan dan belakang, spesifikasi ban, karakteristik suspensi, dan cara pengendaraannya.

C. KONSTRUKSI ABS
Dibawah ini adalah konstruksi Anti-Lock Brake Sistem (ABS) secara umum :
Adapun komponen utama dari Anti-Lock Brake Sistem (ABS), yaitu :
a) Hidrolic Unit
fungsinya sebagai panghasil dan pengatur tekanan minyak rem sesuai sinyal yang diterima dari ABS control unit.
b) ABS control unit
fungsinya sebagai penerima dan pengolah data computer yang diperoleh dari wheel speed sensor dan selanjutnya akan ditentukan besar kecilnya tekanan minyak rem untuk masing-masing roda.
c) ABS wheel speed sensor dan rotor
fungsinya sebagai peghitung kecepatan roda, Dengan cara memberikan sinyal elektrolis ke ABS control unit, ABS wheel speed sensor dipasangkan pada keempat roda mobil.
d) ABS relay
fungsinya sebagai pengontrol aliran arus listrik yang menju ke hidrolic unit, solenoid valve, dan motor hidraulik.


D. JENIS-JENIS ANTI-LOCK BRAKE SISTEM (ABS)
1) ABS dengan 4-SENSOR 4-CHANNEL
Jenis ini umumnya dipakai untuk mobil FF (Front engine Front driving) yang memakai X-brake lines. Roda depan dikontrol tersendiri dan kontrol roda belakang biasanya mengikuti select-low logic agar mobil bisa stabil saat ABS bekerja.
Jenis ABS ini mempunyai 4 wheel sensor dan 4 hydraulic control channel dan masing-masing mengontrol secara tersendiri. Sistem ini mempunyai tingkat keamanan dan jarak pemberhentian yang lebih pendek di berbagai macam kondisi jalan. Namun apabila permukaan jalannya licin, besar gaya rem antara kanan dan kiri yang tidak rata akan mengakibatkan terjadi gerakan Yawing pada bodi kendaraan sehingga bisa mengurangi kestabilan. Karena itulah, kebanyakan mobil yang dilengkapi dengan tipe 4 channel ABS memasukkan satu select low logic pada roda belakang agar mobil tetap stabil, di berbagai macam kondisi jalan.

2) ABS dengan 4-SENSOR 3-CHANNEL
Jenis ini umumnya dipakai dipakai untuk mobil FF (Front engine Front driving), kebanyakan berat kendaraan terpusat di roda depan dan berat titik tengah kendaraan saat direm juga berpindah ke depan hampir 70%, gaya pengereman ini dikontol oleh roda depan. Artinya adalah kebanyakan tenaga pengereman dibangkitkan oleh roda depan, sehingga agar ABS bisa efektif, maka diperlukan pengaturan tersendiri (independent control) pada roda depan.
Namun demikian, roda belakang yang gaya pengeremannya lebih sedikit, juga sangat penting untuk memastikan kendaraan aman saat dilakukan pengereman. Karena itulah apabila saat ABS roda belakang bekerja di permukaan jalan yang licin, maka independent control pada roda belakang mengatur agar gaya pengereman roda-roda belakang tidak merata sehingga mobil mengalami yawing. Untuk menghindari gerakan yawing ini dan untuk menjaga agar mobil tetap aman saat ABS bekerja di berbagai kondisi jalan, maka tekanan rem roda belakang diatur berdasarkan kecenderungan roda mana yang mengalami lock-up. Konsep pengaturan ini dikenal dengan ‘Select-low control’.

3) ABS dengan 3-SENSOR 3-CHANNEL
Roda depan dikontrol tersendiri namun untuk roda belakang dikontrol secara bersamaan oleh satu wheel speed sensor (khususnya differential ring gear). Mobil yang dilengkapi dengan H-bake line system mempunyai sistem kontrol ABS jenis ini. 2 channel untuk roda depan dan satunya lagi untuk roda belakang. Roda belakang dikontrol bersama dengan select low control logic.
Untuk X-brake line system, diperlukan 2 channels (2 brake port di dalam unit ABS) untuk mengatur roda belakang dikarenakan masing-masing roda belakang mempunyai jalur rem yang berbeda.

4) ABS dengan 1-SENSOR 1-CHANNEL
Hanya mengatur tekanan roda belakang oleh satu sensor. Dipakai Untuk mobil yang dilengkapi dengan H-bake line system, hanya untuk mengontrol tekanan roda belakang. Pada rear diffirential dipasang satu wheel speed sensor yang berfungsi untuk mendeteksi kecepan roda. Cara kerjanya adalah saat dilakukan pengereman mendadak roda depan akan terkunci, sehingga kestabilan kemudi mobil akan hilang dan jarak henti pada permukaan jalan yang mempunyai daya gesek rendah (low) juga akan bertambah jauh. Sistem ini hanya akan membantu untuk penghentian lurus.

E. CARA KERJA ABS
Ketika pedal rem diinjak, kecepatan roda akan berkurang selanjutnya roda cenderung terkunci. Pada titik ini ABS control unit akan menghitung perbedaan atau perbandingan kecepatan roda dengan kecepatan kendaraan. Jika angka perbandingan tersebut besar, ABS control unit segera memerintahkan untuk mengurangi tekanan minyak rem pada caliper.
Ketika tekanan hidrolik turun, kecepatan roda akan naik dan control unit akan segera memantau kecepatan roda tersebut. Setelah kecepatan roda bertambah, control unit akan menyimpulkan bahwa roda terlalu lama tidak terkunci dan selanjutnya akan memerintahkan untuk menambah tekanan minyak rem. Oleh karena itu, roda akan segera terkunci kembali. Dengan demikian, kecepatan dan pengereman mobil akan terkontrol kembali.
Sewaktu pedal rem diinjak, system ABS akan memberikan perlambatan kecepatan kendaraan secara berangsur-angsur sampai kendaraan benar-benar berhenti. Keadaan ini terjadi karena adanya penambahan dan pengurangan tekanan minyak rem secara periodic sampai mobil benar-benar berhenti dalam interval waktu yang sangat singkat.

Bereaksi Dan Bertindak

Perbedaan antara negara berkembang (miskin) dan negara maju (kaya) tidak tergantung pada umur negara itu

Contohnya negara India dan Mesir, yang umurnya lebih dari 2000 tahun, tetapi mereka tetap terbelakang (miskin)

Di sisi lain ?Singapura, Kanada, Australia & New Zealand? negara yang umurnya kurang dari 150 tahun dalam membangun, saat ini mereka adalah bagian dari negara maju di dunia, dan penduduknya tidak lagi miskin

Ketersediaan sumber daya alam dari suatu negara juga tidak menjamin negara itu menjadi kaya atau miskin

Jepang mempunyai area yang sangat terbatas. Daratannya, 80% berupa pegunungan dan tidak cukup untuk meningkatkan pertanian & peternakan

Tetapi, saat ini Jepang menjadi raksasa ekonomi nomor dua di dunia. Jepang laksana suatu negara ?industri terapung? yang besar sekali, mengimpor bahan baku dari semua negara di dunia dan mengekspor barang jadinya

Swiss tidak mempunyai perkebunan coklat tetapi sebagai negara pembuat coklat terbaik di dunia. Negara Swiss sangat kecil, hanya 11% daratannya yang bisa ditanami.

Swiss juga mengolah susu dengan kualitas terbaik. (Nestle adalah salah satu perusahaan makanan terbesar di dunia). Swiss juga tidak mempunyai cukup reputasi dalam keamanan, integritas, dan ketertiban ? tetapi saat ini bank-bank di Swiss menjadi bank yang sangat disukai di dunia.

Para eksekutif dari negara maju yang berkomunikasi dengan temannya dari negara terbelakang akan sependapat bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal kecerdasan

Ras atau warna kulit juga bukan faktor penting. Para imigran yang dinyatakan pemalas di negara asalnya ternyata menjadi sumber daya yang sangat produktif di negara-negara maju/kaya di Eropa

Lalu??. apa perbedaannya?

Perbedaannya adalah pada sikap/perilaku masyarakatnya, yang telah dibentuk sepanjang tahun melalui kebudayaan dan pendidikan.

Berdasarkan analisis atas perilaku masyarakat di negara maju, ternyata bahwa mayoritas penduduknya sehari-harinya mengikuti/mematuhi prinsip-prinsip dasar kehidupan sebagai berikut.

# Prinsip dasar kehidupan Etika, sebagai prinsip dasar dalam kehidupan sehari-hari
# Kejujuran dan integritas
# Bertanggung jawab
# Hormat pada aturan & hukum masyarakat
# Hormat pada hak orang/warga lain
# Cinta pada pekerjaan
# Berusaha keras untuk menabung & investasi
# Mau bekerja keras
# Tepat waktu

Di negara terbelakang/miskin/ berkembang, hanya sebagian kecil masyarakatnya mematuhi prinsip dasar kehidupan tersebut

Kita bukan miskin (terbelakang) karena kurang sumber daya alam, atau karena alam yang kejam kepada kita.

Kita terbelakang/lemah/miskin karena perilaku kita yang kurang/tidak baik. Kita kekurangan kemauan untuk mematuhi dan mengajarkan prinsip dasar kehidupan yang akan memungkinkan masyarakat kita pantas membangun masyarakat, ekonomi, dan negara.

Kita harus mulai dari mana saja. Kita ingin BERUBAH dan BERTINDAK!

dan ??. PERUBAHAN DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Catatan Andhika Hantyo Permadi

Psikologi Warna

WARNA-warni memiliki efek psikologis. Efeknya berpengaruh terhadap pikiran, emosi, tubuh, dan keseimbangan. Aplikasi warna pada sebuah ruangan dapat menghasilkan kesan perasaan yang semakin luas atau justru kebalikannya.

Berikut ini sifat-sifat psikologis beberapa warna:

* Merah - Berani, penuh semangat, agresif, memicu emosi, dan menarik perhatian. Secara positif, warna merah mengandung arti cinta, gairah, berani, kuat, agresif, merdeka, kebebasan, dan hangat. Negatifnya adalah punya arti bahaya, perang, darah, anarki, dan tekanan.

* Kuning - Menciptakan perasaan optimis, percaya diri, pengakuan diri, akrab, dan lebih kreatif. Kuning juga dapat merugikan kita karena menyampaikan pesan perasaan ketakutan, kerapuhan secara emosi, depresi, kegelisahan, dan keputusasaan. Pilihan warna kuning yang tepat dan penggunaan yang sesuai akan mengangkat semangat kita dan lebih percaya diri.

* Hijau - berarti kesehatan, keseimbangan, rileks, dan kemudaan. Unsur negatif warna ini di antaranya memberi kesan pencemburu, licik, terasa jenuh, serta dapat melemahkan pikiran dan fisik. Di dalam sejarah China, warna hijau adalah warna perempuan. Lain dengan budaya muslim, yang menganggap warna hijau adalah warna yang suci. Warna untuk perdamaian juga hijau.

* Biru - Melambangkan intelektualitas, kepercayaan, ketenangan, keadilan, pengabdian, seorang pemikir, konsistensi, dan dingin. Selain itu, dapat memicu rasa depresi dan ragu-ragu. Biru gelap akan membantu berpikir tajam, tampil jernih, dan ringan. Biru muda akan menenangkan dan menolong berkonsentrasi dengan tenang. Terlampau banyak biru akan menimbulkan rasa terlalu dingin, tidak akrab, dan tak punya emosi atau ambisi.

* Ungu - Memberi efek spiritual, kemewahan, keaslian, dan kebenaran. Ungu mampu menunjang kegiatan bermeditasi dan berkontemplasi. Kemerosotan dan mutu yang jelek adalah sifat-sifat negatif warna ini.

* Putih - Warna murni, suci, steril, bersih, sempurna, jujur, sederhana, baik, dan netral. Warna putih melambangkan malaikat dan tim medis. Warna ini juga bisa berarti kematian karena berkonotasi kehampaan, hantu, dan kain kafan.

* Abu-abu - Bijaksana, dewasa, tidak egois, tenang, dan seimbang. Warna abu-abu juga mengandung arti lamban, kuno, lemah, kehabisan energi, dan kotor. Karena warnanya tergolong netral atau seimbang, warna ini banyak dipakai untuk warna alat-alat elektronik, kendaraan, perangkat dapur, dan rumah.

* Hitam - Berkesan elit, elegan, memesona, kuat, agung, teguh, dan rendah hati. Kesan negatifnya adalah hampa, sedih, ancaman, penindasan, putus asa, dosa, kematian, atau bisa juga penyakit. Tak seperti putih yang memantulkan warna, hitam menyerap segala warna. Dengan hitam, segala energi yang datang akan diserap. Walau mampu memesona dan berkarakter kuat, tapi banyak orang yang takut akan "gelap". Warna hitam berkonotasi gelap.

Catatan Andhika Hantyo Permadi

36 Strategi SUN TZU !!!!

Strategi Menang
Strategi 1
Perdaya Langit untuk melewati Samudera.
Bergerak di kegelapan dan bayang-bayang, menggunakan tempat-tempat tersembunyi, atau bersembunyi di belakang layar hanya akan menarik kecurigaan. Untuk memperlemah pertahanan musuh anda harus bertindak di tempat terbuka menyembunyikan maksud tersembunyi anda dengan aktiviti biasa sehari-hari."

Strategi 2
Kepung Wei untuk menyelamatkan Zhao.
Ketika musuh terlalu kuat untuk diserang, seranglah sesuatu yang berharga yang dimilikinya. Ketahui bahwa musuh tidak selalu kuat di semua hal. Entah dimana, pasti ada celah di antara senjatanya, kelemahan pasti dapat diserang. Dengan kata lain, anda dapat menyerang sesuatu yang berhubungan atau dianggap berharga oleh musuh untuk melemahkannya secara psikologis."

Strategi 3
Pinjam tangan seseorang untuk melakukan keinginan kita. (Bunuh dengan pisau pinjaman.)
Serang dengan menggunakan kekuatan pihak lain (kerana kekuatan yang minima atau tidak ingin menggunakan kekuatan sendiri). Perdaya sekutu untuk menyerang musuh, sogok pegawai musuh untuk menjadi pengkhianat, atau gunakan kekuatan musuh untuk melawan dirinya sendiri."

Strategi 4
Buat musuh kelelahan sambil menghemat tenaga.
Adalah sebuah keuntungan, merencanakan waktu dan tempat pertempuran. Dengan cara ini, anda akan tahu kapan dan di mana pertempuran akan berlangsung, sementara musuh anda tidak. Dorong musuh anda untuk menggunakan tenaga secara sia-sia sambil anda mengumpulkan/menghemat tenaga. Saat ia lelah dan bingung, anda dapat menyerangnya."

Strategi 5
Gunakan kesempatan saat terjadi kebakaran untuk merampok lainnya. (Merompak sebuah rumah yang terbakar.)
Saat sebuah negara mengalami konflik internal, ketika terjangkit penyakit dan kelaparan, ketika korupsi dan kejahatan merajalela, maka ia tidak akan bisa menghadapi ancaman dari luar. Inilah waktunya untuk menyerang."

Strategi 6
Berpura-pura menyerang dari timur dan menyeranglah dari barat.
Pada tiap pertempuran, elemen dari sebuah kejutan dapat menghasilkan keuntungan ganda. Bahkan ketika berhadapan langsung dengan musuh, kejutan masih dapat digunakan dengan melakukan penyerangan saat mereka lengah. Untuk melakukannya, anda harus membuat perkiraan akan apa yang ada dalam benak musuh melalui sebuah tipu daya."
Strategi Berhadapan dengan Musuh
Strategi 7
Buatlah sesuatu untuk hal kosong.
Anda menggunakan tipu daya yang sama dua kali. Setelah beraksi terhadap tipuan pertama dan ? biasanya- kedua, musuh akan ragu-ragu untuk bereaksi pada tipuan yang ketiga. Lantarannya, tipuan ketiga adalah serangan sebenarnya untuk menangkap musuh saat pertahanannya lemah."

Strategi 8
Secara rahasia pergunakan lintasan Chen Chang. (Perbaiki jalan utama untuk mengambil jalan lain.)
contoh: invasi Sekutu di Normandia dan muslihat Pas de Calais.
Serang musuh dengan dua kekuatan konvergen. Yang pertama adalah serangan langsung, sesuatu yang sangat jelas dan membuat musuh mempersiapkan pertahanannya. Yang kedua secara tidak langsung, sebuah serangan yang menakutkan, musuh tidak mengira dan membagi kekuatannya sehingga pada saat-saat terakhir mengalami kebingungan dan kemalangan."

Strategi 9
Pantau api yang terbakar sepanjang sungai.
Tunda untuk memasuki wilayah pertempuran sampai seluruh pihak yang bertikai mengalami kelelahan akibat pertempuran yang terjadi antara mereka. Kemudian serang dengan kekuatan penuh dan habiskan."

Strategi 10
Pisau tersarung dalam senyum.
Puji dan jilat musuh anda. Ketika anda mendapat kepercayaan darinya, anda bergerak melawannya secara rahsia."

Strategi 11
Pohon kecil berkorban untuk pohon besar. (Mengorbankan perak untuk mempertahankan emas.)
Ada suatu keadaan dimana anda harus mengorbankan tujuan jangka pendek untuk mendapatkan tujuan jangka panjang. Ini adalah strategi kambing hitam dimana seseorang akan dikorbankan untuk menyelamatkan yang lain."

Strategi 12
Mencuri kambing sepanjang perjalanan (Ambil kesempatan untuk mencuri kambing.)
Sementara tetap berpegang pada rencana, anda harus cukup fleksibel untuk mengambil keuntungan dari tiap kesempatan yang ada sekecil apapun."
Strategi Penyerangan
Strategi 13
Kagetkan ular dengan memukul rumput di sekitarnya.
Ketika anda tidak mengetahui rencana lawan secara jelas, serang dan pelajari reaksi lawan. Perilakunya akan membongkar strateginya."

Strategi 14
Pinjam mayat orang lain untuk menghidupkan kembali jiwanya. (Menghidupkan kembali orang mati.)
Ambil sebuah lembaga, teknologi, atau satu cara yang telah dilupakan atau tidak digunakan lagi dan gunakan untuk kepentingan diri sendiri. Hidupkan kembali sesuatu dari masa lalu dengan memberinya tujuan baru atau terjemahkan kembali, dan bawa ide-ide lama, kebiasaan, dan tradisi ke kehidupan sehari-hari."

Strategi 15
Permainkan harimau untuk meninggalkan sarangnya.
Jangan pernah menyerang secara langsung musuh yang memiliki keunggulan akibat posisinya yang baik. Permainkan mereka untuk meninggalkan sarangnya sehingga mereka akan terjauh dari sumber kekuatannya."

Strategi 16
Pada saat menangkap, lepaslah satu orang.
Mangsa yang tersudut biasanya akan menyerang secara membabi buta. Untuk mencegah hal ini, biarkan musuh percaya bahwa masih ada kesempatan untuk bebas. Hasrat mereka untuk menyerang akan teredam dengan keinginan untuk melarikan diri. Ketika pada akhirnya kebebasan yang mereka inginkan tersebut tak terbukti, moral musuh akan jatuh dan mereka akan menyerah tanpa perlawanan."

Strategi 17
Melempar Batu Bata untuk mendapatkan Giok.
Persiapkan sebuah jebakan dan perdaya musuh anda dengan umpan. Dalam perang, umpan adalah ilusi atas sebuah kesempatan untuk memperoleh hasil. Dalam keseharian, umpan adalah ilusi atas kekayaan, kekuasaan, dan sex."

Strategi 18
Kalahkan musuh dengan menangkap pemimpinnya.
Jika tentara musuh kuat tetapi dipimpin oleh komandan yang mengandalkan uang dan ancaman, maka ambil pemimpinnya. Jika komandan mati atau tertangkap maka sisa pasukannya akan terpecah belah atau akan lari ke pihak anda. Akan tetapi jika pasukan terikat atas sebuah kepercayaan terhadap pimpinannya, maka berhati-hatilah, pasukan akan dapat melanjutkan perlawanan dengan motivasi balas dendam."
Strategi Kaos
Strategi 19
Jauhkan kayu bakar dari tungku masak. (Lepaskan pegangan kayu dari kapaknya.)
Ketika berhadapan dengan musuh yang sangat kuat untuk menghadapinya secara langsung anda harus melemahkannya dengan meruntuhkan dasarnya dan menyerang sumberdayanya."

Strategi 20
Memancing di air keruh.
Sebelum menghadapi pasukan musuh, buatlah sebuah kekacauan untuk memperlemah persepsi dan pertimbangan mereka. Buatlah sesuatu yang tidak biasa, aneh, dan tak terpikirkan sehingga menimbulkan kecurigaan musuh dan mengacaukan pikirannya. Musuh yang bingung akan lebih mudah untuk diserang."

Strategi 21
Lepaskan kulit serangga. (Penampakan yang salah menipu musuh.)
Ketika anda dalam keadaan tersudut, dan anda hanya memiliki kesempatan untuk melarikan diri dan harus menyatukan kelompok, buatlah sebuah ilusi. Sementara perhatian musuh terfokus atas muslihat yang anda lakukan, pindahkan pasukan anda secara rahasia di belakang muka anda yang terlihat."

Strategi 22
Tutup pintu untuk menangkap pencuri.
Jika anda memiliki kesempatan untuk menangkap seluruh musuh maka lakukanlah, sehingga dengan demikian pertempuran akan segera berakhir. Membiarkan musuh untuk lepas akan menanam bibit dari konflik baru. Akan tetapi jika mereka berhasil melarikan diri, berhati-hatilah dalam melakukan pengejaran."

Strategi 23
Berteman dengan negara jauh dan serang negara tetangga.
Jamak diketahui bahwa negara yang berbatasan satu sama lain menjadi musuh sementara negara yang terpisah jauh merupakan sekutu yang baik. Ketika anda adalah yang terkuat di sebuah wilayah, ancaman terbesar adalah dari terkuat kedua di wilayah tersebut, bukan dari yang terkuat di wilayah lain."

Strategi 24
Cari lintasan aman untuk menjajah Kerajaan Guo.
Pinjam sumberdaya sekutu untuk menyerang musuh bersama. Sesudah musuh dikalahkan, gunakan sumberdaya tersebut untuk menempatkan sekutu anda pada posisi pertama ?untuk diserang-."
Strategi Pendekatan


Strategy 25
Gantikan balok dengan kayu jelek.
Kacaukan formasi musuh, ganggu metod operasinya, ubah aturan-aturan yang digunakannya, buatlah satu hal yang berlawanan dengan latihan standardnya. Dengan cara ini anda telah meruntuhkan tiang-tiang pendukung yang diperlukan oleh musuh dalam membangun pasukan yang efektif."

Strategi 26
Lihat pada pohon marlberi dan ganggu ulatnya.
Untuk mendisiplinkan, mengawal, dan mengingatkan suatu pihak yang status atau posisinya di luar konfrontasi langsung; gunakan analogi atau sindiran. Tanpa langsung menyebut nama, pihak yang tertuduh tidak akan dapat memukul balik tanpa keberpihakan yang jelas."

Strategi 27
Pura-pura menjadi seekor babi untuk memakan harimau. (Bergaya bodoh.)
Sembunyi di balik topeng ketololan, mabuk, atau gila untuk menciptakan kebingungan atas tujuan dan motivasi anda. Tipu lawan anda ke dalam sikap meremehkan kemampuan anda sampai pada akhirnya terlalu yakin akan diri sendiri sehingga menurunkan level pertahanannya. Pada situasi ini anda dapat menyerangnya."

Strategi 28
Jauhkan tangga ketika musuh telah sampai di atas (Seberangi sungai dan hancurkan jembatan.)
Dengan umpan dan tipu muslihat mengacah musuh anda ke dalam daerah berbahaya. Kemudian putus jalur komunikasi dan jalan untuk melarikan diri. Untuk menyelamatkan dirinya, dia harus bertarung dengan kekuatan anda dan sekaligus elemen alam."

Strategi 29
Hias pohon dengan bunga palsu.
Menempelkan kembang sutera di atas pohon memberikan sebuah ilusi bahwa pohon tersebut sehat. Dengan menggunakan muslihat dan penyamaran akan membuat sesuatu yang tak berarti tampak berharga; tak mengancam kelihatan berbahaya; bukan apa-apa kelihatan berguna."

Strategi 30
Buat tuan rumah dan tamu bertukar tempat.
Kalahkan musuh dari dalam dengan menyusup ke dalam benteng lawan di bawah muslihat kerjasama, penyerahan diri, atau perjanjian damai. Dengan cara ini anda akan menemukan kelemahan dan kemudian saat pasukan musuh sedang beristirahat, serang secara langsung ke jantung pertahanannya."
Strategi Kalah
Strategi 31
Jebakan indah. (jebakan bujuk rayu, gunakan seorang perempuan untuk menjebak seorang laki-laki.)
Kirim musuh anda perempuan-perempuan cantik yang akan menyebabkan perselisihan di basis pertahanannya. Strategi ini dapat bekerja pada tiga tingkatan. Pertama, penguasa akan terpesona oleh kecantikannya sehingga akan melalaikan tugasnya dan tingkat kewaspadaannya akan menurun. Kedua, para laki-laki akan menunjukkan sikap agresifnya yang akan menyulut perselisihan kecil di antara mereka, menyebabkan lemahnya kerjasama dan jatuhnya semangat. Ketiga, para perempuan akan termotivasi oleh rasa cemburu dan iri, sehingga akan membuat intrik yang pada gilirannya akan semakin memperburuk situasi."

Strategi 32
Kosongkan benteng. (Perangkap psikologis, benteng yang kosong akan membuat musuh berpikir bahwa benteng tersebut penuh dengan perangkap.)
Ketika musuh kuat dalam segi jumlah dan situasinya tidak menuntungkan bagi diri anda, maka tanggalkan seluruh muslihat militer dan bertindaklah seperti biasa. Jika musuh tidak mengetahui secara pasti situasi anda, tindakan yang tidak biasanya ini akan meningkatkan kewaspadaan. Dengan sebuah keberuntungan, musuh akan mengendorkan serangan."

Strategi 33
Biarkan mata-mata musuh menyebarkan konflik di wilayah pertahanannya. (Gunakan mata-mata musuh untuk menyebarkan informasi palsu.)
Perlemah kemampuan tempur musuh anda dengan secara diam-diam membuat konflik antara musuh dan teman, sekutu, penasihat, komandan, prajurit, dan rakyatnya. Sementara ia sibuk untuk menyelesaikan konflik internalnya, kemampuan tempur dan bertahannya akan melemah."

Strategi 34
Lukai diri sendiri untuk mendapatkan kepercayaan musuh. (Masuk pada jebakan; jadilah umpan.)
Berpura-pura terluka akan mengakibatkan dua kemungkinan. Kemungkinan pertama, musuh akan bersantai sejenak oleh karena dia tidak melihat anda sebagai sebuah ancaman serius. Yang kedua adalah jalan untuk menjilat musuh anda dengan berpura-pura luka oleh sebab musuh merasa aman."

Strategi 35
Ikat seluruh kapal musuh secara bersamaan (Jangan pernah bergantung pada satu strategi.)
Dalam hal-hal penting, seseorang harus menggunakan beberapa strategi yang dijalankan secara simultan. Tetap berpegang pada rencana berbeza-beza yang dijalankan pada sebuah skema besar; dengan cara ini, jika satu strategi gagal, anda masih memiliki beberapa strategi untuk tetap maju."

"Selain dari semua hal di atas, salah satu yang paling dikenal adalah strategi ke 36:
Lari untuk bertempur di lain waktu.
Hal ini diabadikan dalam bentuk peribahasa Cina:
?Jika seluruhnya gagal, mundur? - Jika keadaannya jelas bahwa seluruh rencana aksi anda akan mengalami kegagalan, mundurlah dan persatukan pasukan. Ketika pihak anda mengalami kekalahan hanya ada tiga pilihan: menyerah, kompromi, atau melarikan diri. Menyerah adalah kekalahan total, kompromi adalah setengah kalah, tapi melarikan diri bukanlah sebuah kekalahan.
Selama anda tidak kalah, anda masih memiliki sebuah kesempatan untuk menang!"
Catatan Andhika Hantyo Permadi

Apakah Anda Melakukan 9 Kesalahan ini Dalam Percakapan?

Cara kita berkomunikasi dengan orang lain adalah sebuah kebiasaan. Karenanya, seringkali kita tidak mengetahui apakah pola percakapan yang kita lakukan sudah baik atau belum baik.

Dalam kehidupan sehari-hari pasti anda sering berkata dalam hati : ”ah tidak enak mengobrol dengan si A, lebih enak saya mencari si B dan mengobrol dengannya.”

Saya tidak tahu anda sendiri masuk ke dalam kategori mana : si A ataukah si B, mudah-mudahan bukan si A karena si A biasanya selalu dijauhi oleh teman-temannya.

Andai saja anda masuk dalam kategori si A, anda tidak perlu khawatir karena pola komunikasi yang kurang baik tentu saja dapat diperbaiki. Di bawah ini adalah beberapa kesalahan yang umum dilakukan oleh orang-orang beserta beberapa solusi untuk memperbaikinya.

1. Tidak Mendengarkan

Sebagian besar orang bukanlah tipekal pendengar yang baik. Ini tentu saja berhubungan dengan ego mereka yang tinggi, yang justru ingin lebih didengarkan dibanding mendengarkan. Dalam setiap perbincangan mereka sepertinya tidak tahan menunggu giliran untuk berbicara.

Belajarlah menekan ego anda untuk mendengarkan secara sungguh-sungguh apa yang orang lain katakan.

Ketika anda mengambil sikap untuk mulai mendengarkan, anda sedang membuka jalan untuk terciptanya suatu hubungan (apapun) yang sangat potensial. Namun tetap hindari jawaban singkat “ya” atau “tidak”, karena jika anda seperti itu lawan bicara anda akan memberikan informasi setengah-setengah kepada anda. Antusiaslah terhadap topik yang sedang mereka bicarakan, sebagai contoh, jika lawan bicara anda sedang bercerita tentang pengalamannya mendaki gunung pada akhir minggu lalu, anda dapat bertanya kepadanya :

- gunung apa yang anda daki?
- apa yang ada sukai dari mendaki gunung?
- apa saja yang anda lakukan di atas gunung?

Pertanyaan-pertanyaan semacam itu akan membuat topik pembicaraan menjadi lebih mendalam, lebih menarik, serta memancing lebih banyak lagi topik untuk didiskusikan. Dan yang tak kalah pentingnya lawan bicara anda mengetahui bahwa anda sungguh-sungguh sedang mendengarkannya. Hal ini tentu saja akan membuat tingkat respek lawan bicara anda bertambah pada anda.

2. Terlalu Banyak Bertanya

Beberapa pertanyaan dapat berarti anda antusias dengan lawan bicara anda, namun terlalu banyak bertanya pun akhirnya menjadi tidak baik karena sepertinya anda sedang menginterogerasi lawan bicara anda, dan dapat membuat mereka menjadi tidak nyaman.

Cobalah gabungkan antara pernyataan dan pertanyaan, misalkan :

- saya pun minggu lalu berakhir pekan dengan memancing bersama teman-teman kerja saya. Apakah anda suka memancing?

3. Kehabisan Topik Untuk Dibicarakan

Dalam percakapan mungkin anda sering merasa kehabisan topik untuk dibicarakan dengan lawan bicara anda, terutama jika anda berbicara dengan seseorang yang baru saja anda kenal. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada beberapa saran mengenai topik yang bisa anda bicarakan :

- Seorang bijak pernah berkata “Jangan tinggalkan rumah tanpa membaca surat kabar terlebih dahulu. Jika anda kehabisan topik untuk dibicarakan, anda bisa memulai berbicara tentang berita yang sedang hangat saat ini.”
- Bicarakan tentang sesuatu yang berada disekeliling anda. Mungkin tentang aquarium yang berada dibelakang anda, anak-anak yang sedang bermain di samping anda, atau apapun saja yang memungkinkan untuk dibicarakan di sekeliling anda.

4. Penyampaian yang Buruk

Salah satu hal yang paling penting dalam berkomunikasi bukanlah apa yang anda katakan, melainkan bagaimana anda menyampaikannya. Perubahan dalam kebiasaan ini akan membuat perbedaan besar, karena suara dan bahasa tubuh adalah bagian yang sangat vital dalam berkomunikasi. Beberapa hal dibawah ini untuk anda pertimbangkan :

- Sampaikan dengan perlahan. Ketika anda berbicara tentang suatu hal yang sangat menyenangkan, mudah sekali bagi anda untuk memulai pembicaraan tersebut dan bahkan anda dapat berbicara dengan sangat cepat. Usahakan anda memperlambat kecepatan bicara anda, karena akan lebih mudah bagi lawan bicara anda untuk mendengarkan dan menangkap maksud yang ingin anda sampaikan.
- Bicaralah dengan suara lantang. Tidak perlu ragu, karena lawan bicara anda memang ingin mendengarkan anda.
- Bicaralah dengan jelas. Jangan seperti bergumam.
- Bicaralah dengan suara yang tidak monoton. Libatkan emosi dalam suara anda.
- Gunakan jeda. Penyampaian dengan perlahan ditambah dengan jeda akan membuat lawan bicara anda lebih perhatian dalam mendengarkan dan suasana pun menjadi lebih rileks.
- Gunakan bahasa tubuh yang baik. Dalam artikel mendatang, saya akan membahas bagaimana menggunakan bahasa tubuh yang baik.

5. Menginterupsi

Apakah yang anda rasakan jika pembicaraan anda dipotong oleh lawan bicara anda? … Ya, lawan bicara anda pun akan merasakan hal yang sama jika anda memotong pembicaraannya. Biarkan lawan bicara anda menghabiskan terlebih dahulu apa yang ingin disampaikan. Itu adalah salah satu bentuk penghargaan anda pada lawan bicara anda. Carilah keseimbangan antara mendengarkan dan berbicara.

6. Keinginan “Selalu Benar”

Orang tidak akan terkesan kepada anda jika anda selalu ingin merasa benar dalam setiap pembicaraan. Seringkali pembicaraan bukan betul-betul sebuah diskusi. Kadang-kadang kita ingin menjaga mood tetap baik dengan berbicara dengan seseorang. Sebagai contoh : salah satu teman anda ingin bercerita kepada anda mengenai serunya pengalaman berarung jeram sampai-sampai perahu karetnya terbalik. Namun anda malah berbicara bagaimana berarung jeram yang baik. Saya yakin mood teman anda akan langsung berubah.
Duduklah santai, berbicara dan tidak berdebat.

7. Berbicara Tentang Hal-Hal Aneh atau Negatif

Pernahkan anda berkenalan dengan seseorang dan setelah itu ia berbicara tentang hal-hal aneh atau negatif, seperti kesehatannya yang memburuk, cerita pembunuhan, atasannya yang menyebalkan, atau menggunakan bahasa aneh yang hanya ia dan temannya yang mengetahui artinya.
Saya rasa tidak ada manfaatnya berbicara hal-hal aneh atau negatif seperti itu. Orang-orang akan senang berbicara kepada anda jika anda selalu memberikan energi positif dalam setiap kata-kata yang anda keluarkan.

8. Membosankan

Jangan bercerita panjang-panjang tentang mobil anda yang baru saja anda beli atau rumah anda yang baru saja selesai dibangun. Rata-rata orang tidak terlalu tertarik dengan cerita semacam itu, yang terlalu mengekspose kemampuan diri. Carilah topik yang mengarah pada hal-hal yang bergairah atau hal-hal yang lucu misalkan. Bisa juga anda menceritakan tentang pengalaman anda berakhir pekan di puncak kemarin atau rencana anda pada liburan Lebaran mendatang. Intinya adalah sesuatu yang positif. Bukan juga mengeluh tentang atasan atau pekerjaan anda.

Dale Carnegie pernah berkata :
”Dalam 2 bulan anda akan mempunyai lebih banyak teman dengan cara antusias terhadap cerita-cerita mereka dibandingkan 2 tahun anda mencari teman dengan cara berusaha memancing mereka tertarik pada cerita-cerita anda.”

Cobalah memberi peran lebih dalam berbicara untuk lawan bicara anda. Kelak anda akan membangun sebuah hubungan yang berkualitas.
Mungkin anda sudah sering mendengar istilah “mengapa Tuhan menciptakan 2 telinga dan 1 mulut? … agar kita lebih banyak mendengarkan dibanding berbicara.

9. Tidak Merespon Dengan Baik

Jika seseorang bercerita tentang pengalamannya, jangan sekedar mengangguk atau menjawab dengan kalimat singkat. Terbukalah dan katakan apa yang anda pikirkan. Ekspresikan perasaan anda.

Sebagai penutup, anda tidak harus memperbaiki ke-9 langkah diatas secara sekaligus. Pilihlah kira-kira 3 hal terpenting yang menurut anda perlu diperbaiki dan selama 3-4 minggu anda berusaha melakukan hal tersebut secara terus menerus sampai akhirnya menjadi suatu kebiasaan.

Mudah-mudahan tips ini bermanfaat bagi anda sehingga kelak anda dapat menjadi teman bicara yang baik bagi teman-teman atau pasangan anda. Salam dari saya.... Pak De

Catatan Andhika Hantyo Permadi

Apakah Anda Melakukan 9 Kesalahan ini Dalam Percakapan?

Cara kita berkomunikasi dengan orang lain adalah sebuah kebiasaan. Karenanya, seringkali kita tidak mengetahui apakah pola percakapan yang kita lakukan sudah baik atau belum baik.

Dalam kehidupan sehari-hari pasti anda sering berkata dalam hati : ”ah tidak enak mengobrol dengan si A, lebih enak saya mencari si B dan mengobrol dengannya.”

Saya tidak tahu anda sendiri masuk ke dalam kategori mana : si A ataukah si B, mudah-mudahan bukan si A karena si A biasanya selalu dijauhi oleh teman-temannya.

Andai saja anda masuk dalam kategori si A, anda tidak perlu khawatir karena pola komunikasi yang kurang baik tentu saja dapat diperbaiki. Di bawah ini adalah beberapa kesalahan yang umum dilakukan oleh orang-orang beserta beberapa solusi untuk memperbaikinya.

1. Tidak Mendengarkan

Sebagian besar orang bukanlah tipekal pendengar yang baik. Ini tentu saja berhubungan dengan ego mereka yang tinggi, yang justru ingin lebih didengarkan dibanding mendengarkan. Dalam setiap perbincangan mereka sepertinya tidak tahan menunggu giliran untuk berbicara.

Belajarlah menekan ego anda untuk mendengarkan secara sungguh-sungguh apa yang orang lain katakan.

Ketika anda mengambil sikap untuk mulai mendengarkan, anda sedang membuka jalan untuk terciptanya suatu hubungan (apapun) yang sangat potensial. Namun tetap hindari jawaban singkat “ya” atau “tidak”, karena jika anda seperti itu lawan bicara anda akan memberikan informasi setengah-setengah kepada anda. Antusiaslah terhadap topik yang sedang mereka bicarakan, sebagai contoh, jika lawan bicara anda sedang bercerita tentang pengalamannya mendaki gunung pada akhir minggu lalu, anda dapat bertanya kepadanya :

- gunung apa yang anda daki?
- apa yang ada sukai dari mendaki gunung?
- apa saja yang anda lakukan di atas gunung?

Pertanyaan-pertanyaan semacam itu akan membuat topik pembicaraan menjadi lebih mendalam, lebih menarik, serta memancing lebih banyak lagi topik untuk didiskusikan. Dan yang tak kalah pentingnya lawan bicara anda mengetahui bahwa anda sungguh-sungguh sedang mendengarkannya. Hal ini tentu saja akan membuat tingkat respek lawan bicara anda bertambah pada anda.

2. Terlalu Banyak Bertanya

Beberapa pertanyaan dapat berarti anda antusias dengan lawan bicara anda, namun terlalu banyak bertanya pun akhirnya menjadi tidak baik karena sepertinya anda sedang menginterogerasi lawan bicara anda, dan dapat membuat mereka menjadi tidak nyaman.

Cobalah gabungkan antara pernyataan dan pertanyaan, misalkan :

- saya pun minggu lalu berakhir pekan dengan memancing bersama teman-teman kerja saya. Apakah anda suka memancing?

3. Kehabisan Topik Untuk Dibicarakan

Dalam percakapan mungkin anda sering merasa kehabisan topik untuk dibicarakan dengan lawan bicara anda, terutama jika anda berbicara dengan seseorang yang baru saja anda kenal. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada beberapa saran mengenai topik yang bisa anda bicarakan :

- Seorang bijak pernah berkata “Jangan tinggalkan rumah tanpa membaca surat kabar terlebih dahulu. Jika anda kehabisan topik untuk dibicarakan, anda bisa memulai berbicara tentang berita yang sedang hangat saat ini.”
- Bicarakan tentang sesuatu yang berada disekeliling anda. Mungkin tentang aquarium yang berada dibelakang anda, anak-anak yang sedang bermain di samping anda, atau apapun saja yang memungkinkan untuk dibicarakan di sekeliling anda.

4. Penyampaian yang Buruk

Salah satu hal yang paling penting dalam berkomunikasi bukanlah apa yang anda katakan, melainkan bagaimana anda menyampaikannya. Perubahan dalam kebiasaan ini akan membuat perbedaan besar, karena suara dan bahasa tubuh adalah bagian yang sangat vital dalam berkomunikasi. Beberapa hal dibawah ini untuk anda pertimbangkan :

- Sampaikan dengan perlahan. Ketika anda berbicara tentang suatu hal yang sangat menyenangkan, mudah sekali bagi anda untuk memulai pembicaraan tersebut dan bahkan anda dapat berbicara dengan sangat cepat. Usahakan anda memperlambat kecepatan bicara anda, karena akan lebih mudah bagi lawan bicara anda untuk mendengarkan dan menangkap maksud yang ingin anda sampaikan.
- Bicaralah dengan suara lantang. Tidak perlu ragu, karena lawan bicara anda memang ingin mendengarkan anda.
- Bicaralah dengan jelas. Jangan seperti bergumam.
- Bicaralah dengan suara yang tidak monoton. Libatkan emosi dalam suara anda.
- Gunakan jeda. Penyampaian dengan perlahan ditambah dengan jeda akan membuat lawan bicara anda lebih perhatian dalam mendengarkan dan suasana pun menjadi lebih rileks.
- Gunakan bahasa tubuh yang baik. Dalam artikel mendatang, saya akan membahas bagaimana menggunakan bahasa tubuh yang baik.

5. Menginterupsi

Apakah yang anda rasakan jika pembicaraan anda dipotong oleh lawan bicara anda? … Ya, lawan bicara anda pun akan merasakan hal yang sama jika anda memotong pembicaraannya. Biarkan lawan bicara anda menghabiskan terlebih dahulu apa yang ingin disampaikan. Itu adalah salah satu bentuk penghargaan anda pada lawan bicara anda. Carilah keseimbangan antara mendengarkan dan berbicara.

6. Keinginan “Selalu Benar”

Orang tidak akan terkesan kepada anda jika anda selalu ingin merasa benar dalam setiap pembicaraan. Seringkali pembicaraan bukan betul-betul sebuah diskusi. Kadang-kadang kita ingin menjaga mood tetap baik dengan berbicara dengan seseorang. Sebagai contoh : salah satu teman anda ingin bercerita kepada anda mengenai serunya pengalaman berarung jeram sampai-sampai perahu karetnya terbalik. Namun anda malah berbicara bagaimana berarung jeram yang baik. Saya yakin mood teman anda akan langsung berubah.
Duduklah santai, berbicara dan tidak berdebat.

7. Berbicara Tentang Hal-Hal Aneh atau Negatif

Pernahkan anda berkenalan dengan seseorang dan setelah itu ia berbicara tentang hal-hal aneh atau negatif, seperti kesehatannya yang memburuk, cerita pembunuhan, atasannya yang menyebalkan, atau menggunakan bahasa aneh yang hanya ia dan temannya yang mengetahui artinya.
Saya rasa tidak ada manfaatnya berbicara hal-hal aneh atau negatif seperti itu. Orang-orang akan senang berbicara kepada anda jika anda selalu memberikan energi positif dalam setiap kata-kata yang anda keluarkan.

8. Membosankan

Jangan bercerita panjang-panjang tentang mobil anda yang baru saja anda beli atau rumah anda yang baru saja selesai dibangun. Rata-rata orang tidak terlalu tertarik dengan cerita semacam itu, yang terlalu mengekspose kemampuan diri. Carilah topik yang mengarah pada hal-hal yang bergairah atau hal-hal yang lucu misalkan. Bisa juga anda menceritakan tentang pengalaman anda berakhir pekan di puncak kemarin atau rencana anda pada liburan Lebaran mendatang. Intinya adalah sesuatu yang positif. Bukan juga mengeluh tentang atasan atau pekerjaan anda.

Dale Carnegie pernah berkata :
”Dalam 2 bulan anda akan mempunyai lebih banyak teman dengan cara antusias terhadap cerita-cerita mereka dibandingkan 2 tahun anda mencari teman dengan cara berusaha memancing mereka tertarik pada cerita-cerita anda.”

Cobalah memberi peran lebih dalam berbicara untuk lawan bicara anda. Kelak anda akan membangun sebuah hubungan yang berkualitas.
Mungkin anda sudah sering mendengar istilah “mengapa Tuhan menciptakan 2 telinga dan 1 mulut? … agar kita lebih banyak mendengarkan dibanding berbicara.

9. Tidak Merespon Dengan Baik

Jika seseorang bercerita tentang pengalamannya, jangan sekedar mengangguk atau menjawab dengan kalimat singkat. Terbukalah dan katakan apa yang anda pikirkan. Ekspresikan perasaan anda.

Sebagai penutup, anda tidak harus memperbaiki ke-9 langkah diatas secara sekaligus. Pilihlah kira-kira 3 hal terpenting yang menurut anda perlu diperbaiki dan selama 3-4 minggu anda berusaha melakukan hal tersebut secara terus menerus sampai akhirnya menjadi suatu kebiasaan.

Mudah-mudahan tips ini bermanfaat bagi anda sehingga kelak anda dapat menjadi teman bicara yang baik bagi teman-teman atau pasangan anda. Salam dari saya.... Pak De

Catatan Andhika Hantyo Permadi

Bagaimana Tetap Termotivasi Untuk Menyelesaikan Apa Yang Telah Anda Mulai !!!

Pasti ada satu alasan mengapa banyak orang sering berhenti menyelesaikan suatu proyek atau tugas mereka, entah itu tugas kecil atau besar, pada titik-titik tertentu. Mungkin mereka merasa tugasnya sangat menumpuk atau sangat sulit untuk dikerjakan sehingga mereka frustasi dan stress. Akhirnya mereka berhenti mengerjakannya atau setidaknya mereka berpikir untuk berhenti.

Saat mereka frustasi, otomatis akan tercipta suatu penghalang dalam diri mereka yang menyebabkan motivasi mereka untuk tetap melanjutkan pekerjaan terganggu. Antusiasme mereka yang tinggi saat mereka melakukan tugas tersebut pertama kali akan turun dengan sangat drastis dan kemungkinan mereka berhenti menyelesaikan tugas di tengah jalan sangatlah besar.

Apakah yang biasanya mereka sering lakukan di saat seperti itu?
Mereka akan berjalan dengan menyeret kakinya, membuat kopi dan ketika bertemu dengan seseorang yang ‘tepat’, mereka akan menghabiskan beberapa menit untuk melakukan pembicaraan satu arah, mengeluh tentang proyek atau tugas yang sedang mereka kerjakan. Mungkin secara tidak sadar anda pernah mengalaminya.

Ketika mereka telah selesai mengeluh, mereka segera kembali pada tugasnya dan berpikir dengan penuh keraguan dan kebencian, bagaimana mereka dapat menyelesaikan pekerjaan mereka tersebut.
Daripada anda jatuh pada keadaan yang lebih sulit lagi dan menambah frustasi anda, saya akan mencoba berbagi 5 cara bagaimana anda tetap produktif dan termotivasi untuk menyelesaikan apa yang telah anda mulai serta antusias terhadap apa yang anda kerjakan:

1. Pecahlah tugas anda menjadi beberapa bagian kecil.
Anda hanya perlu membagi tugas anda (break down) menjadi bagian-bagian yang lebih kecil agar lebih terkendali. Sebagai contoh: anda memiliki target pribadi untuk membuka sebuah usaha. Jika yang terpikirkan oleh anda hanya membuka tempat usaha dengan segera, maka anda bisa-bisa frustasi di tengah jalan. Yang perlu anda lakukan adalah membagi tugas anda tersebut menjadi tugas-tugas yang lebih kecil, seperti : survei lokasi, mencari supplier, mengurus perijinan, mencari pegawai, membeli perlengkapan usaha dan melakukan aktivitas promosi. Bukankah terlihat menjadi lebih mudah?

Dengan membagi tugas anda menjadi tugas-tugas yang lebih kecil, akan membuat pekerjaan anda juga menjadi tidak membosankan. Ketika anda berhasil menyelesaikan satu tugas kecil, anda akan merasa terpuaskan dan gembira. Secara psikologi ini merupakan modal berharga untuk melangkah ke tugas kecil berikutnya.

Tetapi sebelum anda melanjutkan ke tugas berikutnya, ada baiknya anda memberikan penghargaan untuk diri anda sendiri, misalkan membeli secangkir kopi starbucks atau apapun yang bisa memanjakan anda untuk merayakan pencapaian yang telah anda lakukan.

Ketika perayaan tersebut berakhir, kembalilah pada pekerjaan anda dan mulai melakukan tugas kecil anda berikutnya. Saya yakin mood anda saat itu akan sangat berbeda. Anda akan lebih produktif dan lebih termotivasi dalam bekerja. Di satu sisi anda akan berusaha mencari lagi penghargaan-penghargaan berikutnya.

2. Manfaatkan efek bola salju.
Coba anda temukan bagian dari tugas anda yang yang paling menyenangkan dan mulailah dari sana. Anda akan dengan mudah dan cepat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Mungkin anda pernah mendengar tips mengerjakan soal ujian : mulailah dari yang mudah terlebih dahulu, tinggalkan dulu yang soal-soal yang sulit. Jika anda hanya berkutat pada soal yang sulit, anda akan stress dan kehabisan waktu, sementara masih banyak soal yang belum dikerjakan. Prinsip ini pun sama digunakan dalam menyelesaikan tugas atau proyek anda.

Ketika anda selesai mengerjakan bagian dari tugas yang menyenangkan, secara tidak sadar anda telah selangkah lebih maju menuju penyelesaian tugas atau proyek anda. Hal ini tentu saja akan meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi anda untuk menyelesaikan tugas-tugas berikutnya yang lebih sulit. Ketika anda berhasil kembali menyelesaikan, rasa percaya diri anda semakin tinggi lagi. Inilah yang disebut efek bola salju.

3. Hindari mengerjakan banyak tugas sekaligus.
Beberapa orang memiliki sifat ingin cepat menyelesaikan pekerjaannya. Sifat ini sebetulnya baik, namun yang kurang baik adalah jika hal itu dipraktekkan dengan melakukan banyak tugas secara serentak. Saya pun dulu suka melakukan kebiasaan yang kurang baik seperti ini. Akhirnya tidak ada pekerjaan yang terselesaikan, justru memakan waktu yang lebih lama. Rasa-rasanya superman pun tidak bisa menyelesaikan tugas-tugasnya dengan sekaligus.

Fokuslah pada apa yang sudah ada di depan mata anda. Selesaikan tugas anda satu per satu. Saya jamin anda akan lebih produktif, tingkat motivasi anda akan terus meningkat (seperti telah saya sampaikan pada point 1 dan 2), serta anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

4. Beristirahat dan bersenang-senanglah
Ada satu saat dimana motivasi anda menurun dan anda merasa tidak bersemangat. Mungkin anda telah melalui hari-hari yang panjang dan melelahkan, atau tugas yang tersisa begitu beratnya untuk diselesaikan dan memakan waktu yang sangat banyak. Anda bukanlah robot, oleh karenanya saya sangat menyarankan anda untuk meninggalkan pekerjaan sementara waktu.

Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan, seperti menonton bioskop, pergi ke restoran favorit, chatting, atau berkumpul bersama dengan sahabat-sahabat anda.

Tujuannya disini adalah mengalihkan perhatian anda dari tugas-tugas anda serta mengurangi stress/frustasi yang anda rasakan. Jadi ketika anda melakukan hal-hal yang menyenangkan tersebut, jangan terpikirkan mengenai tugas-tugas yang belum terselesaikan. Betul-betul lupakan total! Ketika anda kembali pada tugas anda, saya yakin anda akan lebih santai, segar dan termotivasi untuk melanjutkan.

5. Beristirahatlah sejenak.
Beristirahat lagi? Ya, namun kali ini adalah istirahat sejenak. Setelah anda bekerja selama 40-45 menit, ambillah break ringan selama 3-5 menit. Disarankan anda sedikit menjauh dari area kerja anda.

Penelitian mengatakan bahwa setelah anda bekerja selama 40-45 menit, otak anda cenderung lelah atau melambat. Mungkin kondisinya tidak memungkinkan anda untuk menunda atau meninggalkan pekerjaan. Namun intinya adalah ketika anda merasa sangat lelah atau anda sudah tidak dapat fokus lagi, beristirahatlah sejenak. Lakukan peregangan, minum segelas air putih, atau berjalan-jalan mencari udara segar. Anda akan mendapatkan energi tambahan secara instan, sehingga anda akan termotivasi dan bersemangat untuk melanjutkan kembali pekerjaan anda.

Jadikanlah 5 hal ini menjadi bagian dalam hidup anda. Jika anda dapat melakukannya secara konsisten, saya rasa anda akan lebih produktif, lebih antusias, lebih termotivasi dan memiliki rasa kepuasan diri yang tinggi.

Catatan Andhika Hantyo Permadi

Memupuk KeTaBaHan

Bagaimana seseorang dapat memupuk sifat ketabahan? Bagaimana orang tabah menghadapi segala kemungkinan, sementara orang lain mudah putus asa apabila mengalami masalah.

Berikut adalah 3 cara jitu yang sangat direkomendasikan untuk memupuk ketabahan :
1. Fokuslah Pada Hasil Akhir yang Sukses

Apabila anda jatuh tersungkur dan tak seorang pun dari kawan-kawan anda yang dapat dimintai tolong, siapa lagikah yang dapat membantu anda? Jawabannya adalah pikiran anda sendiri.

Ya, pikiranlah satu-satunya yang mampu membuat anda keluar dari lembah kekecewaan. Bukan sahabat, bukan orang tua, dan bukan juga pasangan anda. Mereka semua hanya memberi motivasi tetapi hanya pikiran anda saja yang dapat membantu anda di saat demikian. Jika pikiran tidak ‘melihat’ hasil akhir yang sukses, anda akan kehilangan semangat untuk terus berjuang (bayangan kesuksesan di masa depan akan memotivasi, jika tidak anda cenderung putus asa-kalah). Kebanyakan orang apabila gagal maka mereka akan putus asa, bukan saja dari segi materi tetapi juga dari segi kejiwaan. Disinilah bahayanya.

Kebanyakan orang membiarkan hasil yang diperoleh sekarang menghantui pikiran mereka. Misalkan keadaan anda sekarang ‘tidak bagus’. Jika menggunakan keadaan ‘tidak bagus’ sebagai landasan bagi pikiran, anda akan menghasilkan ‘kesadaran tidak bagus’ dalam pikiran. Jika ‘kesadaran tidak bagus’ senantiasa disalurkan dalam ke pikiran, ia akan berangsur-angsur meresap ke pikiran bawah sadar dan saat itulah anda terperangkap.

Itulah mengapa ada ungkapan, ”kendalikan pikiranmu, kamu dapat berbuat apa saja dengannya.”

2. Kelilingi Diri Anda dengan Hal-hal yang Positif
Memiliki hal-hal positif di sekililing anda akan sangat membantu anda memupuk ketabahan. Hal-hal positif dapat berupa :
- Berdoa
- Mendengarkan kaset motivasi
- Memasang gambar/poster positif
- Membaca buku-buku positif
- Mendekorasi kamar tidur anda dengan suasana positif
- Bergaul dengan orang-orang positif

3. Jauhkan dari Kekhawatiran yang Sebetulnya Tidak Ada
Katakanlah ketika usaha anda gagal. Anda telah kehilangan banyak uang dan berhutang sehingga tidak punya uang untuk membayarnya. Itu suatu masalah besar! Anda juga dirundung masalah lain yang memusingkan, misalnya : apa kata orang lain tentang anda, apa penafsiran mereka, apa kata tetangga, apa kata orang tua, dsb. Semua ini menjadi masalah, atau sekurang-kurangnya itulah yang anda pikirkan.

Jika kita mengkaji lebih dalam, umumnya masalah yang mengganggu sebenarnya tidak ada. Sebenarnya tidak ada yang memikirkan kita. Kebanyakan mereka hanya memikirkan diri sendiri. Kebanyakan orang tidak mempunyai waktu untuk memikirkan kita.

Satu kajian terbaru mengatakan : 93% dari masalah yang anda khawatirkan sebenarnya tidak ada. Hanya 7% saja yang terjadi. Dari masalah yang ada tersebut sebagian besar tidak bisa kita kendalikan, seperti krisis ekonomi, kestabilan politik dsb. Jadi untuk apa kita khawatir terhadap hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan?

Catatan Andhika Hantyo Permadi

Walah... Ternyata...

* Persahabatan – Melalui suka dan duka bersama. Ketika anda tidak memiliki apa-apa, mereka akan berada di samping anda.

* Keindahan alami – Inilah hal yang selalu dicari oleh para pengagum keindahan.

* Kedamaian pikiran – Hanya dapat diraih jika anda memiliki hati yang jujur.

* Kebahagiaan – Kebahagiaan sejati diperoleh dengan melakukan apa yang anda cintai dan berada dalam satu hal yang anda yakini.

* Kesuksesan – Sukses secara sederhana adalah berhasil meraih apa yang anda inginkan.

* Saat-saat indah di satu waktu – Ketika saat itu lewat, tidak akan terulang kembali. Jadi nikmatilah.

* Suara tawa seorang bayi – Bayi tidak peduli dengan uang. Mereka hanya peduli dengan kasih sayang, cinta dan melakukan apa saja yang mereka inginkan.

* Kejutan bertemu dengan teman lama – Anda sudah tidak melihatnya selama bertahun-tahun dan mengira tidak akan bertemunya lagi, namun tiba-tiba ia muncul di samping anda.

* Perasaan atas pencapaian prestasi anda – Anda menetapkan target anda dan anda berjuang sampai anda meraih target tersebut. Anda melampiaskan perasaan anda dengan merayakan keberhasilan tersebut.

* Suara hujan – Sebagian orang merasakan ketenangan dengan mendengarkan suara hujan dan membuat tidur menjadi lelap.

* Percakapan yang sangat menarik – Anda terlibat dalam percakapan yang interaktif dengan rekan-rekan anda dan semuanya terlibat.

* Kecupan pertama dari seseorang yang sangat spesial – Anda akan memiliki hati yang berbunga-bunga ketika anda menerima kecupan untuk pertama kalinya.

* Cinta sejati – Suatu perasaan yang muncul ketika anda menyadari bahwa anda menikah dengan seorang yang tepat.

* Pujian yang tidak disangka-sangka – Anda menjalani hari seperti biasanya, namun seorang teman datang kepada anda dan mengatakan bahwa anda menggunakan pakaian yang pas dengan warna kulit anda.

* Perasaan ketika ide anda berjalan – Anda berjuang untuk menyelesaikan masalah kompleks yang anda hadapi. Ketika anda hampir frustasi, anda mencoba satu ide lagi dan ternyata berhasil.

* Perasaan ketika anda mendengarkan lagu favorit anda – Anda sudah merasa sangat kesal karena terjebak dalam kemacetan lalu lintas, anda kemudian menyalakan radio dan mendengarkan lagu favorit anda sedang diputar.

* Hasrat dari cinta pertama – Anda merasakan saat-saat indah yang tidak pernah terlupakan oleh anda dan cinta pertama anda.

* Ingatan akan kejadian masa kecil anda yang hebat – Apakah anda ingat ketika anda pertama kali belajar sepeda? Atau memanjat pohon bersama teman-teman anda?

* Keceriaan ketika menceritakan kisah yang menarik – Salah satu peran yang cukup menyenangkan dalam hidup adalah ketika anda bercerita, orang-orang menikmati cerita anda.

* Kenangan bersama sahabat anda – Ketika anda melakukan hal-hal yang gila, berani atau konyol, sampai-sampai anda berpikir saat ini, ”koq bisa-bisanya saya dulu melakukan hal konyol seperti itu?”

* Semangat yang menggebu-gebu – Kekuatan sejati datang secara alami pada mereka yang mengikuti kata hatinya. Anda tidak bisa membayar seseorang untuk bersemangat terhadap sesuatu, begitu juga anda tidak bisa membayar seseorang untuk tidak bersemangat dan menyerah.

* Benda-benda yang memiliki nilai tersendiri bagi anda – Foto keluarga misalkan, atau lukisan diri anda oleh kakek anda … sesuatu yang sangat berharga bagi anda.

* Teman yang kocak – Leluconnya yang konyol selalu membuat anda tertawa terpingkal-pingkal.

* Talenta luar biasa yang anda miliki sejak lahir – Seperti kejeniusan atau pita suara yang jernih.

* Kegembiraan membuat seseorang tersenyum – Sebab senyumannya membuat anda tersenyum balik.

* Berlatih menggunakan 5 indera anda – Melihat, mendengarkan, mencium, merasakan dan menyentuh. Masing-masing memberikan pengalaman tersendiri untuk anda.

* Bercanda bersama teman atau keluarga anda – Beberapa moment yang tidak terlupakan dalam hidup adalah moment-moment yang anda habiskan dengan canda dan tawa.

* Kehangatan dari tempat tidur anda – Tidak ada tempat tidur yang lebih nyaman dibandingkan dengan milik anda sendiri.

* Tempat tinggal – Uang dapat membeli rumah, namun bukan tempat tinggal. Sebab tempat tinggal adalah dimana hati anda berada.

* Suara tiupan angin melalui pepohonan – Suara alam yang dapat anda dengarkan di sekeliling anda.

* Melihat dan mendengarkan suara ombak – Fenomena lainnya dari alam.

* Melihat matahari terbit atau terbenam – Apalagi jika dilakukan bersama-sama dengan pasangan anda akan menimbulkan suasana yang romantis.

* Suara kedamaian dari kesunyian – ………………..

* Ketika dia mengatakan “I love you” – Anda tahu bahwa dia sungguh-sungguh dari cara dia mengatakan dan tatapannya pada anda.

* Ketika seseorang yang tidak disangka mengucapkan selamat ulang tahun pada anda – Seorang teman yang lama tidak jumpa tiba-tiba menelepon atau mengirimkan sms pada anda jam 7 pagi hanya untuk mengucapkan “selamat ulang tahun”.

* Mendapat pelukan yang dalam dari seorang yang anda sayangi – Pelukan yang hangat dan dalam ini, membuat anda ingin bersamanya, selamanya.

* Anjing kesayangan anda menyambut anda setiap anda pulang ke rumah – Betapa senangnya ada yang menyambut anda.

* Melihat awan dengan bentuk yang indah – Anda tidak akan pernah melihat bentuk yang sama untuk kedua kalinya.

* Menggendong bayi anda yang baru lahir – Merasakan harta milik anda yang paling berharga.

* Seseorang yang bisa anda percayai – Ia tidak mempunyai maksud tersembunyi. Anda dapat mengetahui dari matanya dan merasakannya di dalam hati anda.

* Keindahan terang bulan purnama – Banyak orang memanfaatkan keindahan ini untuk menambah keromantisan bersama pasangan.

* Melihat petir dari kejauhan – Suatu keindahan sekaligus sesuatu yang sangat kuat yang anda rasakan pada saat bersamaan.

* Air terjun – Tidak masalah seberapa tua usia anda, air terjun seakan-akan tidak pernah berhenti mengalir.

* Memandang kekasih atau buah hati anda terlelap – Saat itu anda merasakan betapa sayangnya anda kepada mereka.

* Pelangi – Fenomena alam lain yang luar biasa.

* Orang-orang yang membuat anda tersenyum hanya dengan membayangkannya – Dimanapun anda berada, apapun yang sedang anda kerjakan, hanya dengan memikirkannya dapat membuat anda tersenyum.

* Sentuhan tangan dari orang yang anda kasihi – Itu adalah sentuhan yang tidak akan dimiliki oleh orang lain.

* Ketika anda menyadari bahwa orang-orang membaca tulisan anda – Tidak ada kata-kata yang dapat menjelaskannya. Terima kasih.

* Keceriaan ketika ada seseorang yang berkomentar di blog anda. Semua blogger pasti menyukainya. ;)

Para pembaca yang budiman, daftar ini masih sebagian kecil dari sekian banyak hal-hal yang tidak dapat dibeli dengan uang. Saya yakin jika anda me ’rewind’ otak anda, anda dapat menambah panjang daftar diatas.

Namun pesannya disini adalah nikmatilah selalu hidup ini. Hal-hal yang membuat anda bahagia justru datang dari hal-hal yang tidak dapat dibeli dengan uang. Oleh karenanya, bersyukurlah atas segala hal yang anda dapatkan, yang anda rasakan, yang anda lihat, yang anda dengarkan dan yang anda miliki saat ini.

Catatan Andhika Hantyo Permadi

7 CARA BERPIKIR LEBIH KREATIF

Tidak semua orang terlahir kreatif secara alami. Tapi jangan khawatir, kreativitas itu dapat dibentuk dan diasah. Ikuti petunjuk berikut ini.

1) Langkah pertama yang paling penting adalah meyakini kalau Anda kreatif! Katakan pada diri sendiri kalau Anda bisa menciptakan gagasan baru. Berikan waktu pada diri Anda untuk mengeksplore pikiran untuk menemukan kemungkinan yang baru.

2) Tuliskan secara detail masalah yang ingin Anda pecahkan. Ini bisa jadi titik awal dalam mencapai tujuan.

3) Siapkan kertas dan beri waktu pada diri sendiri selama setengah jam untuk menuliskan semua gagasan serta solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Brainstorming memberikan kesempatan pada Anda untuk menemukan hal-hal baru. Tuliskan semuanya, tak peduli betapa pun bodohnya gagasan yang Anda temukan itu.

4) Setelah selesai, lihat kembali daftar dan perkecil jadi 10 besar dari yang paling penting dan menguntungkan. 10 daftar ini merupakan gagasan yang dapat Anda wujudkan. Tindakan merupakan kata pentingnya di sini. Gagasan hanya berupa gagasan sebelum Anda berusaha mewujudkannya.

5) Dengan 10 daftar gagasan terbaik ini, tanyakan pertanyaan: "Bagaimana jika mengimplementasikan solusi ini, apakah akan menyelesaikan masalahnya? Apa solusi ini akan memberi keuntungan pada yang lainnya?'

6) Dari latihan ini, Anda akan belajar mengidentifikasi solusi yang memberikan keuntungan paling banyak. Saring semua gagasan jadi 1 atau 2 gagasan yang memberikan paling banyak keuntungan.

7) Sekali lagi, hanya TINDAKAN yang membuat pikiran kreatif Anda berguna. Jadi mulai lah mewujudkannya.
Hal paling penting yang dapat Anda lakukan dalam mencoba jadi kreatif adalah yakin pada kemampuan Anda sendiri. Tetap lah berpikiran positif dan terus menerus mengatakan pada diri sendiri 'Aku bisa melakukannya!

Catatan Andhika Hantyo Permadi